Sederet Tips Berhenti Merokok, Coba Pakai Permen Deh

Rabu, November 10, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENCARI cara untuk berhenti merokok tidak begitu sulit kok. Banyak kegiatan yang bisa mengalihkan Anda dari kebiasaan buruk merokok ini. 

Septiyadi, karyawan salah satu perusahaan di Jakarta Selatan, berbagi kisah bagaimana dia perlahan-lahan berhenti merokok dan berali ke produk alternatifnya. Rupanya Septiyadi memilih hobi baru olahraga daripada merokok.

Ya, sejak menikah ia mulai banyak melakukan olahraga. Dengan usia yang belum 30 tahun, Septiyadi tak sulit melakukan berbagai jenis olahraga.   Meski terkadang dia masih merasa seperti orang kecanduan, Septiyadi juga pernah memutuskan untuk beralih ke produk tembakau alternatif. 

 Dia tahu karena ada banyak informasi bahwa produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik, disebut efektif membantunya berhenti merokok. 


“Saya sudah melakukan berbagai kegiatan untuk mengalihkan perhatian agar tidak merokok tetapi belum berhasil. Setelah beralih ke produk tembakau alternatif, saya secara perlahan dapat mengurangi konsumsi rokok harian,” ucapnya lewat keterangan tertulis.

Sama seperti Septiyadi, pasangan suami-istri dari Australia, Dylan dan Tash Barlow, juga menjajal pakai vape. “Begitu menggunakan vape, saya tidak membutuhkan rokok lagi. Kami masih memperoleh nikotin dan secara bertahap dapat menguranginya juga,” kata Tash seperti dikutip dari ABC.net. 

Sebelumnya, Tash telah mencoba berbagai cara untuk berhenti merokok. Ia mengalihkan kebiasaan merokok dengan mengunyah permen maupun berolahraga. Namun, menurutnya, cara ini dianggap kurang efektif.

Tak jauh berbeda dengan Owen Philips, seorang warga negara Inggris. Dia juga mencoba beralih ke produk tembakau alternatif agar berhenti merokok. 

Dia mengatakan, sudah bertahun-tahun coba berhenti merokok, tapi gagal! "Akhirnya saya coba produknya dan saya berhenti merokok untuk selamanya."

Sebelumnya, telah banyak pula studi terkait produk tembakau alternatif. Studi dari University of Queensland, Australia, menyatakan bahwa produk tembakau alternatif 50 persen lebih efektif daripada terapi pengganti nikotin dalam membantu perokok yang ingin berhenti. Bahkan studi yang dilakukan University College London (UCL) menunjukkan bahwa produk ini membantu lebih dari 50 ribu perokok berhenti setiap tahunnya. 

“Saya pikir adil untuk mengatakan bahwa menggunakan produk tembakau alternatif yang memenuhi standar konsumen saat ini adalah jauh lebih tidak berbahaya daripada merokok. Perokok yang mencoba berhenti dapat mencoba produk ini,” kata Alan Boobis, profesor emeritus toksikologi di Imperial College London dan ketua Komite Inggris untuk Toksisitas.

Sementara itu, peneliti Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Amaliya mengatakan, menggunakan produk tembakau alternatif sebagai pengganti rokok memang bukan berarti sepenuhnya terbebas dari risiko. Namun, pada dasarnya, risiko penggunaan produk tembakau alternatif jauh lebih rendah dibandingkan dengan rokok biasa. 

"Memang dampaknya tidak 100 persen bebas risiko kesehatan, namun produk ini bisa menjadi alternatif bagi perokok dewasa yang masih ingin mendapatkan akses mengonsumsi nikotin,” tuturnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: