Terkini Bisnis: Jadwal Maskapai Asing Masuk Bali, Megawati Heran Ekspor Kunyit

Senin, November 22, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Ahad malam, dimulai dari PT Angkasa Pura I (Persero) memprediksi maskapai penerbangan asing masuk ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, awal tahun depan.

 

 

Berikutnya berita Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri yang mempertanyakan banyaknya ekspor komoditas kunyit ke luar negeri dan lima ruas tol Trans Sumatera yang akan beroperasi.

 

 

Selanjutnya BTN soal kasus dugaan korupsi pada pemberian kredit Rp 39,5 miliar di Sumatera Utara. Lalu ada berita tentang kenaikan UMP Jawa Tengah menjadi Rp 1,8 juta.

 

 

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut:

 

 

1. AP I Perkirakan Penerbangan Maskapai Asing Baru Masuk Bali Januari 2022

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan perseroan belum menerima pemberitahuan rencana maskapai penerbangan asing masuk ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, dalam waktu dekat. Padahal Bali telah dibuka untuk wisatawan mancanegara (wisman) sejak 14 Oktober 2021.

Faik menuturkan maskapai membutuhkan waktu untuk mempersiapkan rencana penerbangannya ke Indonesia, terutama untuk rute berjadwal atau reguler. Dia memperkirakan maskapai baru akan masuk ke Tanah Air untuk penerbangan reguler pada Januari 2022.

“Ada beberapa maskapai, tapi belum declaire karena belum final. Jumlahnya cukup banyak. Untuk reguler, kemungkinan Januari (2022) baru ada,” ujar Faik saat ditemui di kawasan Pasar Baru, Rabu.

Sebelumnya, Indonesia menutup pintu gerbang penerbangan internasional berjadwal maupun carter untuk kepentingan wisata dari maskapai asing selama pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah untuk menekan penyebaran virus corona.

 

 

2. Megawati Pertanyakan Kunyit Banyak Diekspor: Kok Enak Banget, Ya?

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri mempertanyakan banyaknya ekspor komoditas kunyit ke luar negeri. Informasi itu ia peroleh dari kelompok ibu-ibu yang memiliki usaha jamu tradisional dalam pertemuannya beberapa waktu lalu.

"Ini dialog saya lho supaya gampang dimengerti, karena itu (kunyit) ternyata diekspor. Loh kok diekspor, kok laku, ya? Untuk apa, ya?" ujar Megawati dalam Pembukaan Forum Komunikasi Riset dan Inovasi 2021 seperti dikutip pada Ahad,  melalui YouTube BRIN.

Menurut cerita yang ia dengar, pengiriman kunyit ke luar negeri dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pembuatan obat-obatan. Ekspor komoditas yang masif ini pun membuat stok kunyit di dalam negeri menipis.

 

 

3. 5 Ruas Tol Trans Sumatera Sepanjang 96,6 Km Bakal Beroperasi di Akhir Tahun Ini

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono menyatakan terdapat lima ruas tol Trans Sumatera yang akan beroperasi hingga akhir tahun ini. Total panjang kelima ruas tol tersebut mencapai 96,6 kilometer.

Triono menjelaskan, kelima ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang akan beroperasi pada akhir tahun ini adalah Seksi 1 Tebing Tinggi–Indrapura di ruas tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat sepanjang 20,4 kilometer dengan progress konstruksi sebesar 85,38 persen per November ini.

Berikutnya, ruas tol Binjai–Langsam segmen Binjai–Stabat sepanjang 12,3 kilometer, Seksi tol Pekanbaru–Bakinang sta 9–40 di ruas tol Padang–Pekanbaru dengan panjang 40 kilometer yang progress konstruksinya mencapai 75,46 persen.

 

4. Bank BTN Jelaskan Kasus Dugaan Korupsi Kredit Rp 39,5 Miliar di Medan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN menjelaskan soal kasus dugaan korupsi pada pemberian kredit senilai Rp 39,5 miliar yang terjadi di Medan, Sumatera Utara. Dalam kasus ini, lima orang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi atau Kejati Sumatera Utara.

"Bank BTN menghormati proses hukum yang berjalan di Kejati Sumatera Utara," kata Sekretaris Perusahaan BTN, Ari Kurniaman saat dihubungi, Sabtu.

Adapun lima orang yang ditetapkan sebagai tersangka, empat merupakan pejabat BTN Medan. Sementara satu lagi adalah pimpinan PT Krisna Agung Yudha Abadi atau PT KAYA sebagai debitur.

 

 

5. Ganjar Pranowo Tetapkan UMP Jawa Tengah Naik 0,78 Persen jadi Rp 1,8 Juta

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah 2022 sebesar 0,78 persen atau sekitar Rp 13.956 dari tahun sebelumnya menjadi Rp 1.812.935 atau sekitar Rp 1,8 juta. Pada tahun 2021, UMP Jawa Tengah sebesar Rp 1.798.979.

Penetapan UMP tersebut menyertakan aturan wajib bagi perusahaan agar menyusun struktur dan skala upah bagi pekerja dengan masa kerja lebih dari 1 tahun.

Pengumuman UMP tersebut termaktub dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561/2021 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

 

 

Sumber :tempo

0 comments: