Terpopuler Bisnis: Milyaran Penonton Saksikan WSBK, Jadwal Qatar Airways ke Bali

Selasa, November 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Senin, dimulai dari Luhut mengklaim seri penutup World Superbike (WSBK) yang digelar di Mandalika telah ditonton sekitar 1,6 miliar penduduk di Dunia.

 

Berikutnya berita pemerintah akan melanjutkan Kartu Prakerja tahun depan hingga klaim Menko Luhut Binsar Pandjaitan soal World Superbike sukses.

 

Adapula berita tentang anak usaha Telkom, Mitratel, IPO hari ini dan soal Qatar Airways siap kembali terbang ke Bali tiga kali sehari.

Berikut lima berita terpopuler ekonomi dan bisnis pada hari kemarin:

 

 

1. Luhut Klaim WSBK di Sirkuit Mandalika Ditonton 1,6 Miliar Penduduk Dunia

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan seri penutup World Superbike (WSBK) yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 19-21 Nopember 2021 ditonton sekitar 1,6 miliar penduduk di Dunia.

"Dari laporan yang kita terima, WSBK di Sirkuit Mandalika ditonton 1,6 miliar penduduk di Dunia," ujarnya di sela-sela kunjungannya ke Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu.

Selain ditonton 1,6 miliar penduduk di dunia, pihak panitia kata Luhut sangat puas dengan kualitas Sirkuit Mandalika.

"Kalaupun ada perbaikan kita sepakat perbaiki. Karena bulan Maret ada MotoGP, sehingga sebelum bulan Maret semuanya harus sudah selesai," ujarnya.

Menurut Luhut, yang terpenting saat ini keberadaan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB harus dijaga. Karena sirkuit ini di bangun untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi semua terlibat dari atas sampai rakyat jelata. Jangan bilang pemerintah tidak perhatian. Pemerintah itu dari atas ke bawah sangat perhatian," katanya.

 

2. Airlangga: Kartu Prakerja Dilanjutkan Tahun Depan, Akan Ada Pelatihan Offline

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja tahun depan. Ia mengatakan program tersebut nantinya akan menghadirkan pelatihan offline alias luring, setelah selama ini hanya menyelenggarakan pelatihan online atau daring.

"Kartu Prakerja akan dilanjutkan tahun depan dan dalam enam bulan programnya masih sama, enam bulan berikutnya diharapkan kita sudah bisa membuat program yang luring, bukan hanya daring," ujar Airlangga dalam sebuah acara daring, Senin.

Airlangga mengatakan nantinya program Kartu Prakerja kembali ke rencana awal, bukan hanya sebagai program semi-bansos melainkan juga untuk mendorong upskilling dan reskilling agar sesuai kebutuhan digitalisasi ke depan.

Menurut Airlangga, dalam dua tahun penyelenggaraannya, ada 11,4 juta masyarakat yang telah mengikuti program tersebut dari 514 kabupaten dan kota.

Bahkan, ia mengatakan bahwa program itu dipandang oleh Bank Dunia sebagai program yang memberi akses modal kepada masyarakat, meningkatkan data beli, dan memberikan pelatihan yang sesuai dengan situasi masyarakat saat ini.

 3. Klaim World Superbike Sukses, Luhut: Tak Ada Hotel Kosong, Harga Naik 3 X Lipat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim Superbike World Championship 2021 atau World Superbike 2021 (WSBK 2021) di Sirkuit Mandalika sukses. Ajang balap motor internasional ini terlaksana selama tiga hari dari tanggal 19 hingga 21 November 2021.

Luhut mengatakan ajang WSBK 2021 juga memberikan dampak perekonomian yang sangat signifikan.

“Pak Gubernur telah melaporkan bahwa di sini tidak ada satupun hotel dan homestay yang kosong, malah harganya naik tiga kali lipat. Sewa mobil juga naik, semua ekonomi menjadi hidup,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Senin, 22 November 2021.

WSBK 2021 diklaim berhasil mendatangkan ribuan penonton dari berbagai belahan dunia ke Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Di sisi lain, pemerintah tetap menjadikan aspek seperti protokol kesehatan, keamanan dan ketertiban menjadi prioritas, terutama agar tidak terjadi kluster-kluster Covid-19 baru pasca-WSBK 2021.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, pihaknya telah menyiapkan regulasi protokol kesehatan yang ketat antara lain penonton harus sudah vaksin dua kali, memiliki hasil swab antigen 1x24 jam atau PCR 2x24 jam negatif COVID-19 yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, serta menggunakan masker dobel selama menonton event.

 

4. Profil Mitratel, Anak Usaha Telkom yang IPO Hari Ini

 PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. atau Mitratel (MTEL) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini, Senin, 22 November 2021. MTEL menjadi perusahaan ke-41 yang melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada tahun ini.

Anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) ini merupakan emiten menara telekomunikasi terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah menara yang dimiliki dan dikelola.

Baca juga: Bagaimana Propek Saham Mitratel Saat IPO

Saat ini, Mitratel memiliki 28.030 menara yang tersebar di Pulau Jawa sebanyak 11.963 menara atau 43 persen dari portofolio dengan tenancy ratio 1,64x. Sementara itu, sebanyak 16.067 menara atau 57 persen berada di luar Pulau Jawa dengan tenancy ratio 1,39x.

Menurut data Bisnis.com, tenancy ratio pesaing Mitratel seperti PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) dari grup Djarum terisi 1.86x. Grup Saratoga, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) terisi 1,89x dan Edgepoint terisi 1,59x, dan Protelindo terisi 1,94x.

Saat ini MTEL mengantongi kontrak backlog sewa menara telekomunikasi sekitar Rp 30,7 triliun hingga 2030. Nilai kontrak ini menjadi modal kinerja perseroan menuju go public. 


5. Qatar Airways Siap Kembali Terbang ke Bali 3 X Sehari

Qatar Airways menargetkan untuk bisa kembali menerbangi Bali 3 kali sehari setelah pemerintah membuka kembali pembatasan penerbangan internasional bagi turis mancanegara.

Vice President Sales Qatar Airways South East Asia (SEA), Southwest Pacific & Indian Subcontinent (SWP & ISC) Jared Lee berharap, pergerakan internasional dan kedatangan turis di Pulau Dewata berangsur pulih seiring dengan kebijakan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia.

Jared juga optimistis untuk mengaktifkan kembali penerbangan rute Doha–Bali yang sebelumnya dilakukan dengan frekuensi sebanyak 3 kali sehari. Terlebih, pasar penerbangan ke Bali baginya juga sama menjanjikannya dengan rute dari dan menuju ke Jakarta.

“Jadi begitu permintaan pasar kembali meningkat dan pulih, kami bisa segera melayani lagi rute ke Bali. Sama seperti sebelumnya, kami biasanya melayani 3 kali penerbangan sehari,” ujarnya kepada Bisnis, Senin.

Jared mencermati, sejauh ini banyak indikator yang memperlihatkan bahwa masyarakat juga berniat untuk mulai membuka hubungan dengan keluarga yang ada di luar kota, mengeksplorasi destinasi baru, atau bahkan kembali ke destinasi favorit. 

 

 

Sumber :tempo

0 comments: