3 Ide Bisnis dari Bulu Ayam, Modal Sedikit Untung Selangit

Rabu, Desember 29, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Bulu ayam mungkin dianggap sebagai barang tidak berguna bagi sebagian kalangan. Namun jika anda tahu cara mengolahnya, ide bisnis dari bulu ayam ini bisa mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Modalnya yang murah dan prosesnya yang mudah bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut tiga ide bisnis dari bulu ayam seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Kerajinan Tangan dari Bulu Ayam

Ide bisnis dari bulu ayam pertama adalah membuat kerajinan tangan. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bulu ayam.

Salah satunya adalah membuat hiasan dinding dari bulu ayam. Kamu cukup menyiapkan sekitar seratus lembar bulu ayam sebagai bahan dasar, ditambah dengan tali kasur dan jump ring yang banyak dijual di toko kerajinan tangan. Cara membuatnya juga mudah.

Pertama-tama keringkan terlebih dahulu bulu ayam kemudian warnai dengan warna favoritmu. Setelah itu, kaitkan bulu ayam satu dengan yang lainnya dengan tali kasur. Buat gantungan dinding dengan memanfaatkan jump ring yang sudah dipasang di bagian batang bulu.

Bulu yang kering juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan lain seperti pada pensil atau gantungan kunci. Harga kerajinan tangan dengan bahan bulu ayam ini cukup bersaing yakni antara Rp10.000 untuk yang berukuran kecil hingga Rp100.000 untuk hiasan dinding besar.

2. Tepung Unggas untuk Pakan Ternak

Ide bisnis dari bulu ayam lainnya adalah dibuat tepung unggas untuk pakan ternak. Bahan utamanya cukup gunakan bulu ayam yang hanya menjadi limbah.

Kemudian siapkan panci presto dan mesin penepung. Giling bulu unggas ini hingga menjadi tepung unggas dan kemudian ayak dengan alat pengayak untuk menyaring tepung yang kasar. Kemas tepung unggas ke dalam plastik dan pasarkan. Biasanya tepung unggas ini banyak diburu peternak karena menjadi bahan utama pakan.

3. Pengeringan Bulu Ayam

Jika kamu adalah peternak atau pedagang ayam, kamu bisa juga mengembangkan usahamu menjadi pengeringan bulu ayam. Modalnya cukup bulu ayam setelah penyembelihan yang kelihatan tidak berguna.

Kemudian, keringkan bulu ayam di bawah sinar matahari langsung. Bulu ayam yang kering ini kemudian bisa dijual ke pengepul ataupun kepada pembuat tepung unggas.

Sumber : suara.com

0 comments: