4 Tips Belanja Barang Bekas, Teliti Sebelum Beli

Jumat, Desember 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Tips Belanja Barang Bekas. (Foto: Okezone.com/Visitkorea.or.kr)

Belanja barang bekas tentu membutuhkan keahilan supaya tidak berakhir dengan kekecewaan. Maka dari itu sebaiknya ketahui trik membeli barang bekas berkualitas yang saat ini menjadi sedang ngetren. 

Jika mengetahui trik berbelanja barang bekas bukan hanya terhindar dari kekecewaan, melainkan bisa jadi Anda justru menemukan barang mewah dengan harga murah. Hal ini tentu sangat membantu bagi Anda yang suka tampil dengan benda bermerek namun di satu sisi tidak ingin tabungan terkuras.


Nah, tips belanja kali ini adalah mengupas trik berbelanja barang bekas agar menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, tentukan terlebih dahulu item fashion yang ingin Anda cari. Sebab jika tidak menentukan barang yang ingin dibeli dari awal, bisa-bisa kalap berbelanja produk-produk preloved ini lantaran harganya yang sangat terjangkau. 

Preloved merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang berarti barang pernah dimiliki berpindah tangan kepada orang lain, dengan kata lain barang bekas pakai dijual kembali.

Jadi meskipun bekas, namun kualitasnya masih sangatlah bagus dan bukan barang palsu. Harganya yang jauh lebih murah, menjadikan barang preloved semakin banyak jadi incaran. 

1. Pastikan Keasliannya
Trik pertama berbelanja barang preloved adalah pastikan keasliannya. Ajukan beberapa pertanyaan untuk mendapatkan detail barang dengan jelas. Bandingkan dengan spesifikasi dari barang asli dari keterang yang bisa diakses di internet. Atau, mintalah saran pada teman yang memiliki pengalaman membeli barang asli tersebut. Jangan sampai membeli barang palsu yang dengan harga yang tinggi.

2. Teliti Mengecek Kondisi Barang
 Setiap detail barang bekas pakai umumnya memilki beberapa kekurangan. Meskipun beberapa penjual menjelaskan apa kekurangan tersebut, namun terkadang ada yang terlewatkan. Maka dari itu harus jeli dalam mengecek kondisi barang agar tidak ada yang rusak. Lihatlah seperti lubang, jahitan lepas, robek, atau noda tidak layak pakai.

3. Miliki Ekspektasi Realistis
Bagaimanapun barang preloved merupakan item yang berpindah tangan dari pengguna sebelumnya. Jadi pasti ada hal-hal yang sudah tidak sempurna seperti saat membeli barang baru. Maka harus realistis bila menemukan beberapa kekurangan.

4. Ketahui Harga Pasar
Untuk barang preloved asli umumnya masih memiliki nilai jual tinggi. Agar tidak dipermainkan oleh penjual yang nakal, perlu untuk mengecek harga barang tersebut di pasar pada saat kondisi baru. Jangan sampai untuk barang preloved mendapatkan harga serupa dengan barang asli. Pastikan harga yang dibayar itu adalah good deal.


Sumber : okezone.com

0 comments: