5 Fakta Unik Dinasti Saudi, Tajir Rp20.111 Triliun

Sabtu, Desember 18, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Raja Abdullah bin Abdulaziz (kiri) saat bertemu Nelson Mandela. (AFP/ODD ANDERSEN)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kerajaan Arab Saudi kini berusia 89 tahun. Kaya dengan minyak bumi, Keluarga Saud, yang kini memimpin Arab Saudi, bergelimang dengan harta.

Kehidupan keluarga Saud kerap menjadi perhatian publik. Terutama terkait sejumlah peristiwa kontroversial yang dikaitkan dengan keluarga tersebut.

Kekayaan mereka yang melimpah hingga pengaruhnya terhadap dunia membuat para keluarga kerajaan banyak mendapatkan privilese sebagai keluarga kelas satu.


Arab Saudi sendiri sekarang dipimpin oleh Raja Salman, yang keberadaannya mulai tak tampak sejak ia melantik Mohammed bin Salman (MbS) sebagai putra mahkota. Raja Salman naik takhta pada 2015, setelah kematian Raja Abdullah.

Di balik kekuasaan dan harta yang mengelilingi Keluarga Saud, ada beragam fakta menarik yang bisa dikulik lebih dalam. Berikut fakta-faktanya:

1. Kekayaan Ditaksir Mencapai Rp20.111 Triliun
Mengutip CNBC, kekayaan Keluarga Saud diprediksi mencapai US$1,4 triliun atau setara Rp20.114 triliun. Kekayaan ini masih jauh di atas harta yang dimiliki Kerajaan Inggris. Kekayaan Kerajaan Inggris sendiri mencapai US$88 miliar (Rp1.264 triliun).

2. Jumlah Pangeran Hingga Empat Ribuan
Sebagaimana dilansir laman resmi Rekor Dunia Guinness, pada 2002, keluarga Kerajaan Arab Saudi memiliki lebih dari 4.000 pangeran. Tak hanya itu, keluarga ini juga memiliki 30.000 kerabat.

Banyaknya anggota kerajaan Arab Saudi dimulai dari Raja Abdul Aziz yang menjabat sejak 1932. Ia memiliki 17 istri dan 44 anak.

3. Pangeran yang Dipenggal Karena Bunuh Raja

Pangeran Faisal bin Musaed bin Abdelaziz yang berumur 27 tahun dipenggal atas kejahatannya membunuh Raja Faisal. Hukum ini dilakukan pada 1975, dikutip dari New York Times.
Menurut pemerintah Arab Saudi, pangeran Faisal dihukum oleh pengadilan hukum Al-Quran karena telah menembak pamannya, yakni Raja Faisal, sampai mati. Putusan pengadilan ini disetujui oleh Raja Khaled, saudara laki-laki dan penerus mendiang Raja Faisal.

4. Pamer Bagi-bagi Bantuan di Istana Tiap Bulan
Keluarga kerajaan terkenal royal dalam membagi-bagikan bantuan kepada rakyatnya di Arab Saudi.

Mereka selalu membagikan bantuan yang biasanya berupa uang kepada para warga yang dipilih setiap bulan. Acara itu pun disiarkan di televisi pemerintah.

Para penerima bantuan baik orang tua dan orang-orang miskin mencium serban dan tangan raja dan para pangeran.

5. Pangeran MBS Berperan Bak Raja
Pangeran Mohammed bin Salman dinobatkan sebagai Putra Mahkota. Ia juga berperan sebagai Menteri Pertahanan di Arab Saudi.

Namun, perannya melebihi jabatannya. MBS memiliki peran besar seolah ia yang menjadi raja Arab Saudi.

Sang ayah, Salman bin Abdulaziz, yang sudah disebut sudah terlalu tua untuk menjalankan fungsi pemerintahan di Saudi.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: