6 Cara Agar Tidak Gampang Beser

Selasa, Desember 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Beser merupakan kondisi yang cukup sering dialami sejumlah orang. Berikut cara agar tidak gampang beser. (iStockphoto/patchanan promunat)

Jakarta, CNN Indonesia -- Istilah beser mungkin bukan hal yang terlalu asing di masyarakat Indonesia. Saat cuaca dingin atau minum air terlalu banyak, Anda akan lebih sering bolak-balik ke kamar mandi hanya untuk buang air kecil.
Terlalu sering buang air kecil memang bukan hal yang berbahaya, tapi ini bisa mengganggu aktivitas harian dan konsentrasi. Terlebih, buang air kecil yang terlalu sering ini terjadi misal saat Anda istirahat di malam hari atau berada di tengah perjalanan.

Agar buang air kecil tak terlalu sering atau beser, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan seperti dilansir CNN.


1. Hindari nikotin, kafein, hingga minuman bersoda
Mengurangi minuman bersoda dan tinggi kafein bisa membantu mengurangi gejala beser atau terlalu sering buang air kecil. Minum terlalu banyak cairan tidak hanya berkontribusi membuat beser, bahkan bisa memperburuknya.

2. Hidup lebih aktif
Istilah mager atau males gerak makin sering digaungkan. Namun gaya hidup mager ini justru bisa membuat Anda sering buang air kecil. Hal ini berkaitan dengan obesitas atau kelebihan berat badan yang terjadi karena terlalu malas bergerak.

Berat badan yang berlebihan bisa melemahkan otot-otot yang menopang kandung kemih dan menyebabkan

Untuk menghindari ini, perbanyak bergerak, terutama hal-hal yang bisa memperkuat kaki dan meningkatkan detak jantung seperti sepeda, elips, atau treadmill.

3. Hindari stres
Stres dan kandung kemih yang terlalu aktif sering beriringan. Stres membuat kandung kemih Anda yang terlalu aktif menjadi lebih buruk.

Melatih kebiasaan menghilangkan stres seperti meditasi, pernapasan dalam, dan mendengarkan musik yang menenangkan dipercaya bantu mengatasi kebiasaan beser.

4. Belajar menahan
Cobalah beberapa kali mulai mengatur dan melatih kandung kemih, kapan sebaiknya Anda harus ke kamar mandi. Perlahan-lahan, Anda dapat meningkatkan jumlah waktu di antara istirahat kamar mandi dan meningkatkan kapasitas kandung kemih.

5. Jangan minum sebelum tidur
Batasi jumlah cairan yang Anda minum sebelum tidur untuk menghindari perjalanan tengah malam ke toilet. Cobalah tidak terlalu banyak minum cairan apa pun setidaknya satu jam sebelum tidur.

Selain itu, biasakan pergi ke kamar kecil tepat sebelum Anda tidur juga merupakan ide yang bagus.

6. Lakukan kegel
Latihan kegel, juga dikenal sebagai latihan dasar panggul, dapat membantu memperkuat otot-otot dasar panggul, melatih kembali otot kandung kemih, dan meminimalkan masalah inkontinensia atau sering buang air kecil.

Anda bisa memulainya dengan berbaring, kencangkan otot-otot panggul, tahan selama 5 hingga 10 detik, lalu rileks. Lakukan ini setidaknya 10 kali sehari, semakin sering melatih otot-otot itu, semakin kuat mereka, dan semakin kecil kemungkinan Anda mengalami masalah.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: