6 Cara Usir Bau Tak Sedap di Dapur, Mudah Tanpa Banyak Drama

Senin, Desember 20, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 Bau tak sedap di dapur tentu bukan sesuatu hal yang diinginkan. Namun terkadang, hal ini tidak bisa dihindarkan karena proses memasak di dapur yang menggunakan beragam bahan dan teknik yang menimbulkan bau menyengat, serta sisa-sisa bahan makanan yang sudah membusuk tanpa disadari. Lantas, adakah cara usir bau tak sedap di dapur rumah yang efektif?

Menghilangkan bau busuk di dapur tentu bukan hal mudah. Meski begitu, kita tetap dapat melakukannya, bahkan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Berikut beberapa cara menghilangkan bau tak sedap di dapur yang mudah dipraktekkan!

Cara Usir Bau Tak Sedap di Dapur

Disinfektan saluran air

Salah satu sumber bau tidak sedap di dapur adalah sumbatan sisa-sisa makanan pada saluran air pencucian.

Untuk mengatasi bau tak sedap di dapur ini, cobalah membersihkan lubang saluran air setidaknya seminggu sekali. Supaya lebih mudah, gunakan campuran disinfektan dan baking soda untuk menghancurkan kotoran yang sudah menggumpal.

Rebusan kulit jeruk, kayu manis, dan kapulaga

Cara menghilangkan bau tidak sedap di dapur selanjutnya adalah menggunakan rebusan air mendidih. Namun sebelum itu, tambahkan kulit jeruk, didihkan kembali dan biarkan selama setidaknya 2 menit.

Setelah itu, tambahkan kapulaga, kayu manis, dan rempah-rempah tambahan yang dimiliki. Jangan tutup proses perebusan dan biarkan uapnya mengisi seluruh sudut di dapur untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Rebusan rosemary, thyme, atau salam

Sama dengan poin sebelumnya, untuk menghilangkan bau tidak sedap di dapur, kamu bisa menggunakan uap hasil rebusan rempah-rempah atau bumbu dapur yang memiliki bau kuat seperti daun salam, rosemary, atau thyme.

Arang

Tempat sampah tentu menjadi salah satu sumber utama penyebab bau tidak sedap di dapur. Selain dengan membuangnya secara rutin, kamu juga bisa menambahkan beberapa potong arang ke dalam bak sampah untuk menghilangkan bau busuk dan amis yang berasal dari sisa-sisa makanan organik.

Baking soda

Setelah proses memasak usai, tidak jarang aromanya masih tertinggal dalam jangka waktu yang lama. Terkadang, hal ini terasa tidak menyenangkan untuk beberapa masakan seperti pete dan terasi yang memiliki bau menusuk hidung.

Sebagai solusinya, gunakan baking soda untuk menyerap asam yang masih bertahan di udara sisa proses memasak.

Kopi

Selain nikmat untuk diminum, kopi rupanya juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur. Caranya juga mudah, cukup tempatkan semangkuk berisi kopi bubuk di beberapa sudut dapur, dan bau busuk pun akan segera hilang.

Itulah tadi beberapa cara usir bau tak sedap di dapur yang bisa segera kamu praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat!


Sumber : suara.com

0 comments: