7 Pola Makan Ini Dijamin Bikin Kulit Sehat dan Glowing

Selasa, Desember 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: shutterstock


Tak hanya nutrisi makanan, kebiasaan makan yang tepat juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Tujuh pola makan ini bahkan dijamin dapat membuat kulit lebih sehat dan glowing.
Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh dari penyakit, cara makan yang tepat juga memiliki efek positif lainnya terhadap tubuh. Salah satunya adalah penampilan luar pada kulit dan wajah.


Bukan sekadar makan sehat, melainkan memenuhi nutrisi tertentu yang dibutuhkan oleh kulit sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih bercahaya. Ahli gizi menyarankan tujuh pola makan yang bisa dilakukan jika ingin mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Berikut ini 7 kebiasaan makan agar kulit sehat dan glowing menurut BBC Good Food:


1. Konsumsi 5 Porsi Buah dan Sayur
Buah-buahan dan ragam jenis sayuran memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan mampu membantu menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas ini bisa datang dari kebiasaan merokok, polusi udara, hingga paparan matahari yang menyebabkan kerutan dan noda kehitaman.

Konsumsi makanan alami yang berwarna-warni seperti buah dan sayuran setidaknya lima porsi dalam sehari dikatakan sangat baik untuk melindungi kulit dari kerusakan-kerusakan tersebut. Kandungan betakaroten pada makanan seperti wortel, ubi, labu hingga bayam sangat baik untuk membantu perkembangan sel kulit.

2. Cukupi Kebutuhan Vitamin C
Selain menguatkan kekebalan tubuh atau sistem imunitas, konsumsi vitamin C juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi vitamin C yang baik dan cukup dikatakan oleh ahli mampu membantu mencerahkan kulit wajah hingga menghilangkan noda-noda hitam dengan efektif.

Buah-buahan yang kaya vitamin C begitu direkomendasikan untuk menjaga kesehatan kulit misalnya jeruk, pepaya, strawberry hingga ubi. Kandungan vitamin C yang ada pada buah-buahan tersebut diperlukan untuk pembentukan kolagen yang baru.

3. Komitmen Pada Diet
Menjalani diet bukan hanya untuk mendapatkan tubuh yang ramping dan berat badan yang ideal. Diet yang dijalani dengan komitmen tinggi mampu memberikan efek lanjutan yang lebih banyak dibandingkan hanya tubuh yang proporsional.

Melepas kebiasaan diet sehat atau melakukan cheating day berulang-ulang dikatakan oleh ahli dapat memicu beberapa gangguan pada kulit. Pasalnya konsumsi makanan yang tak sehat terbukti mampu memicu kerutan pada wajah hingga flek-flek hitam dan membuat kulit tampak lebih kusam.

4. Penuhi Asupan Selenium
Bahan makanan yang mengandung selenium terbukti memiliki komponen antioksidan yang kuat. Selain antioksidan, ada juga kandungan vitamin E dan C yang terkandung di dalamnya sehingga membuat nutrisi-nutrisi tersebut dapat bekerja lebih efektif.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi selenium dapat membantu mencegah kanker kulit, kerusakan akibat sinar matahari, hingga noda kehitaman. Kandungan selenium yang tinggi bisa didapatkan melalui makanan seperti kacang-kacangan, ikan, telur hingga tomat dan brokoli.

5. Konsumsi sumber Vitamin E
Bukan rahasia lagi bahwa vitamin E memiliki efek yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. Konsumsi vitamin E dengan cukup terbukti mampu melindungi kulit dari beberapa jenis kerusakan.

Misalnya kerusakan oksidatif yang mengganggu sel kulit hingga menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Makanan tinggi vitamin E yang disarankan oleh ahli kecantikan dan ahli nutrisi adalah kacang almond, alpukat, biji bunga matahari hingga minyak jagung.


6. Minum Minimal 6 Gelas Air Sehari
Tubuh membutuhkan air putih yang cukup untuk menjaga kenormalan fungsinya. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup ini juga sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembaban dan membuatnya tetap elastis.

Bahkan pada kasus dehidrasi ringan sekalipun kulit akan terlihat sangat kering dan juga kusam. Untuk menjaga kelembaban kulit ini, ahli gizi dan ahli kecantikan sepakat bahwa kebutuhan air putih dalam sehari minimal enam gelas.

7. Konsumsi Lemak Sehat
Lemak tidak jenuh tunggal dan lemak jenuh ganda banyak ditemukan pada makanan seperti buah alpukat, minyak ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Nutrisi ini mengandung asam lemak esensial yang berperan sebagai pelembab alami untuk kulit.

Mencukupi kebutuhan lemak sehat ini bermanfaat menjaga keremajaan, kekenyalan, hingga meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, biasanya lemak sehat juga akan mengandung vitamin E yang juga mampu membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.


Sumber : detik.com

0 comments: