8 Tempat Rafting di Indonesia, Cara Seru Terbaik untuk Menguji Adrenalin

Senin, Desember 20, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

8 Tempat Rafting di Indonesia, Cara Seru Terbaik untuk Menguji Adrenalin

Suara.com - Apakah kamu sedang mencari rekomendasi tempat rafting di Indonesia yang bisa dijelajahi ada musim liburan kali ini? Kira-kira, kamu bisa bermain rafting di mana saja, ya?

Rafting merupakan salah satu olahraga ekstrem yang kerap dipilih untuk menguji adrenalin. Untung saja, kini Indonesia memiliki berbagai pilihan spot rafting sehingga olahraga ini juga dapat dinikmati untuk pemula.

Nah, bagi kamu yang pengin coba keseruan bermain rafting, simak tujuh pilihan tempat rafting di Indonesia berikut ini.

Menikmati keseruan di Rafting Cisadane Adventure. [Suara.com/Risna Halidi]

Sungai Citarik, Sukabumi

Bagi warga Jawa Barat, salah satu spot terbaik rafting yang bisa dicoba pada akhir pekan adalah rafting di Sungai Citarik.

Lokasi satu ini juga cocok dipilih untuk pemula karena arusnya yang tidak terlalu deras dan cenderung masih aman.

Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Salah satu spot terbaik untuk meningkatkan adrenalin dengan bermain rafting di Kalimantan Tengah adalah area aliran Sungai Lamandau.

Tidak hanya menikmati sensasi bermain air, di sepanjang jalur rafting, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sekitar Sungai Lamandau yang begitu indah.

Sungai Progo, Yogyakarta

Di kawasan Sungai Progo, Yogyakarta, spot rafting telah dibagi menjadi dua, yakni Progo bawah dan Progo atas. Jika sudah cukup familiar dengan rafting, aliran Sungai Progo bawah cocok untuk dijadikan pilihan karena arusnya yang lebih deras daripada Progo atas.

Rafting di Sungai Progo tentu merupakan pilihan yang tepat karena jaraknya yang mencapai 26 kilometer dan termasuk dalam spot rafting terpanjang di Indonesia.

Sungai Serayu, Banjarnegara

Dengan jarak tempuh mencapai 18 km, Sungai Serayu juga menjadi pilihan tepat untuk bermain rafting.

Meski belum cukup terkenal di kalangan pecinta rafting, keindahan alam yang akan disajikan selama perjalanan sejauh 18 km tidak akan membuat pengunjung menyesal memilih Sungai Serayu.

Sungai Pekalen, Probolinggo

Sungai Pekalen juga menjadi salah satu tempat rafting di Indonesia terbaik yang bisa dicoba untuk pecinta olahraga ekstrem ini. Pasalnya, kedalaman air sungai mencapai 3 meter dengan arus yang cukup kencang.

Namun, tidak perlu khawatir. Ada pula pilihan jalur rafting di Sungai Pekalen yang memang dikhususkan bagi pemula.

Green Canyon, Ciamis

Jika biasanya rafting dilakukan dengan bantuan perahu karet, berbeda dengan spot rafting satu ini. Di Green Canyon, pengunjung akan diajak menyusuri gua dan sungai menggunakan ban dan pelampung saja.

Tentu saja keamanan di Green Canyon tetap terjaga dengan adanya pemandu yang akan mendampingi proses susur gua dan sungai.

Sungai Alas, Aceh

Di wilayah barat Indonesia, Aceh, ada Sungai Alas yang juga digunakan sebagai salah satu spot olahraga rafting. Dengan arus yang cukup deras, pengunjung akan diajak menyusuri wilayah Muara Situlan di Kutacane hingga Gelombang.

Selain dari cipratan air sungai, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran dari pemandangan yang disuguhkan.

Sungai Elo, Magelang

Selain Sungai Progo, Sungai Elo juga menjadi spot rafting terbaik di Jawa Tengah. Dengan pilihan tingkat kesulitan II dan III, pengunjung dapat menentukan sendiri jalur rafting yang ingin dicoba.

Selain rafting, Sungai Elo Magelang juga menyediakan permainan air lainnya seperti spinning dan flip-flop.

Itulah tadi beberapa tempat rafting di Indonesia yang cocok untuk menguji adrenalin. Selamat liburan!


Sumber : suara

0 comments: