9 Jamur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Beracun dan Mematikan

Selasa, Desember 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Getty Images/iStockphoto/Jiri Anderle

Banyak sekali jenis jamur yang tumbuh di dunia. Beberapa jenis jamur kerap ditambahkan dalam masakan namun ada juga jamur aneh yang beracun jika dikonsumsi.
Hidangan seperti pizza atau pasta identik dengan tambahan jamur sebagai bahan campuran. Aroma dan rasa jamur yang khas membuat makanan jadi lebih lezat menggoda. Namun ternyata tidak semua jenis jamur bisa diolah jadi makanan.

Sejauh ini, beberapa jenis jamur yang populer ditambahkan dalam makanan antara lain jamur tiram, enoki, shitake, porcini hingga jamur kancing. Sementara di hutan, ada ratusan jenis jamur lainnya yang tumbuh subur. Termasuk jenis jamur truffle, si jamur liar yang harganya fantastis.


Dilansir dari Times of India (22/12) ada beberapa jenis jamur yang punya tampilan aneh. Jamur liar ini ada yang aman dikonsumsi, namun ada juga yang beracun dan mematikan. Jadi jangan asal makan jamur karena kandungannya bisa membahayakan tubuh.

Berikut beberapa jamur dengan tampilan aneh:

1. Jamur puffball
Varietas jemur ini masuk dalam keluarga Basidiomycota. Sekilas jamur ini punya bentuk bulat yang unik. Siapapun pasti penasaran dengan jamur satu ini.

Jamur ini disebut dengan nama puffball karena sesekali jamur akan menggembung dan mengeluarkan uap jamur. Proses ini terjadi secara alami. Jamur jenis ini banyak tumbuh di hutan secara liar dan bukan jenis jamur konsumsi karena mengandung racun.

9 Jamur Paling Aneh di Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/Jiri Anderle


2. Jamur Indigo milk cap
Menurut para ahli, jamur ungu kebiruan ini mengeluarkan cairan mirip susu yang disebut lateks. Jamur dengan warna eksotis ini umumnya ditemukan di hutan gugur di Amerika Utara bagian timur, Asia Timur, dan Amerika Tengah.

Semakin terang warna biru pada jamur ini menandakan bahwa jamur dalam keadaan segar. Sekilas jamur ini memiliki bentuk seperti jamur tiram yang banyak dikonsumsi namun memiliki warna biru mencolok.

3. Latticed Stinkhorn

Bentuk jamur ini sangat unik karena bagian luarnya mirip seperti permukaan spons yang berpori besar. Bentuknya beragam, beberapa jamur memiliki ukuran besar seukuran telapak tangan. Warna jamur ini kuning kemerahan.

Selain punya bentuk unik, jamur ini juga mengeluarkan aroma yang terbilang bau busuk. Tak heran kalau jamur ini juga kerap disebut sebagai jamur bau busuk. Jamur ini banyak ditemukan di Mediterania dan pesisir Amerika Utara.

9 Jamur Paling Aneh di Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/Jiri Anderle

4. Bleeding Tooth
Dari namanya saja sudah mengerikan, jamur ini dikenal dengan sebutan jamur gigi berdarah. Jamur ini mengeluarkan cairan seperti darah berwarna merah dari pori-pori permukaannya yang berwarna putih.

Jamur ini banyak ditemukan di Amerika Utara, Eropa, Iran, dan Korea. Menurut para ahli, semakin tua ukuran jamur ini maka cairan merah yang keluar akan semakin sedikit. Jamur ini tidak bisa dikonsumsi karena memiliki kandungan racun yang mematikan.

5. Amethyst Deceiver
Jamur dengan rona warna ungu jni sekilas tampak cantik. Bentuknya seperti payung dengan bagian atas yang mengembang. Semakin tua usia jamur ini maka tampilannya tidak berubah, oleh karenanya jamur ini disebut penipu.
Jamur jenis ini mudah ditemukan di hutan gugur seperti di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Selatan, Eropa, dan Asia. Jamur ini bisa dikonsumsi dan rasanya enak, namun jamur harus dimasak hingga matang karena dalam keadaan mentah mengandung racun.

6. Jamur Veiled Lady
Jamur satu ini punya bentuk cantik karena terlihat seperti veil yang biasa dikenakan oleh pengantin wanita. Bagian atas jamur ini berwarna coklat dan memiliki lendir yang menyelimuti permukaannya.

Lendir yang diproduksi jamur ini menarik lalat dan serangga yang membantu menyebarkan spora. Jamur ini sebagian besar ditemukan di Asia Selatan, Afrika, Amerika, dan Australia.


7. Jamur Bioluminescent
Ada beberapa jenis tanaman yang bisa memancarkan cahaya, salah satunya jamur Bioluminescent ini. Ketika berada di suhu 27 derajat Celcius, jamur ini akan memancarkan cahaya berwarna hijau terang. Ketika tumbuh banyak, jamur ini akan tampak seperti taman cantik yang bercahaya.

Jamur bercahaya ini bisa tumbuh di banyak tempat dengan iklim tropis dan subtropis seperti di Asia Pasifik. Karena mampu memancarkan cahaya secara alami, jamur ini kerap dijadikan tanaman hias. Tak sedikit para ilmuwan yang memanfaatkan cahaya pada jamur ini sebagai bahan penelitian.

9. Jamur Devil's Cigar
Jenis jamur ini termasuk jamur langka karena hanya bisa ditemukan di Texas dan Jepang. Jamur Devil's Cigar ini sering disebut jamur aneh karena bentuknya tidak seperti jamur pada umumnya. Jamur ini justru punya tampilan seperti bentuk bunga atau bentuk bintang.

Meskipun bentuknya cantik dan menggoda, jamur ini termasuk jenis jamur beracun dan tidak bisa dikonsumsi. Efek racun dari jamur ini beragam, seperti pusing, mual, muntah bahkan sampai pingsan.


Sumber : detik.com

0 comments: