Cara Membedakan Cincin Emas Asli dengan Kuningan, Coba 6 Tips Ini

Kamis, Desember 30, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Ilustrasi Cara Membedakan Cincin Emas Asli dengan Kuningan. Foto: Instagram/@miss_mondial

Saat hendak membeli emas tentunya kamu perlu berhati-hati, salah satunya dengan mengetahui cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan.

Sebenarnya membedakan mana emas yang asli dan mana yang palsu tidak terlalu sulit. Kamu bisa melakukan beberapa cara yang dirasa dapat kamu lakukan tanpa memerlukan peralatan khusus.
Cincin emas menjadi salah satu aksesori yang amat spesial dan penting dalam hidup perempuan. Karena perhiasan emas yang satu ini kerap dipakai dalam momen-momen penting seperti tunangan, pernikahan, hingga hari spesial seperti Lebaran.
Lantas bagaimana cara membedakan cincin emas asli atau kuningan? Yuk coba enam tips berikut ini.

6 Cara Membedakan Cincin Emas Asli dengan Kuningan



Ilustrasi Cara Membedakan Cincin Emas Asli dengan Kuningan. Foto: Dok. The Palace Jeweler

6 Cara Membedakan Cincin Emas Asli dengan Kuningan
Adapun cara untuk membedakan cincin emas asli dengan emas palsu atau kuningan kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini.
1. Cek Perubahan Warna Saat Digosok
Cara pertama untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggosokkan jari pada emas. Jika warnanya berubah, misalnya menjadi pudar atau belang saat digosok, artinya emas tersebut palsu.
2. Perhatikan Fisiknya
Kedua, kamu bisa membedakan emas asli atau palsu dengan melihat dari ciri-ciri fisiknya secara langsung. Pada emas murni biasanya terdapat tanda cap berisi informasi kadar dari emas tersebut. Emas menggunakan satuan fineness yang secara umum dikenal memakai satuan karat dalam angka 10K, 14K, 18K, 22K atau 24K.
3. Mengigit Emas
Cara ketiga membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggigitnya. Emas merupakan jenis logam yang lunak dan mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, akan semakin lunak emas tersebut. Jadi, kamu bisa mencoba untuk mengecek keaslian emas dengan menggigitnya. Jika ada bekas gigitan yang tertinggal, maka bisa jadi emas tersebut asli. Sedangkan emas palsu ketika digigit tidak akan meninggalkan bekas. Akan tetapi cara ini tidak dianjurkan karena dapat merusak tekstur emas.
4. Goreskan pada Keramik atau Kertas
Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggoreskan emas pada permukaan keramik atau kertas. Kemudian kamu lihat, apakah terdapat bekas atau jejak goresan pada permukaan keramik. Jika ternyata emas tersebut meninggalkan jejak, maka bisa dipastikan emas tersebut palsu. Namun, kamu perlu berhati-hati dengan cara ini, karena berisiko merusak emas.
5. Mengecek Sertifikat Emas
Cara kelima untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dengan memeriksa sertifikat emas. Sertifikat yang palsu tentu saja menandakan bahwa emas tersebut palsu. Cara mengetahui sertifikat emas asli atau palsu, kamu bisa coba meletakkannya di bawah sinar ultraviolet. Jika asli, maka akan ada garis-garis tipis berwarna-warni seperti pada uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat.
6. Cek dengan Magnet
Cara ini dapat kamu lakukan dengan mudah hanya dengan magnet kuat. Kamu cukup mengarahkan magnet ke emas yang akan di uji. Karena emas bukanlah benda magnetik maka cincin emas tidak akan bisa ditarik oleh magnet. Jika emas milik kamu dapat tertarik, kemungkinan besar emas tersebut emas palsu yakni berupa logam kuningan yang di beri warna tiruan emas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membedakan cincin emas asli dengan emas palsu atau kuningan. Semoga artikel ini bermanfaat!
(SRS)

Sumber : kumparan.com

0 comments: