Dear Siswa, Ini 10 Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Seluruh Dunia

Selasa, Desember 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Di beberapa negara, perayaan tahun baru biasa dirayakan dengan pertunjukkan musik dan kembang api. Namun apakah detikers mengetahui jika di beberapa negara masih melakukan tradisi unik mereka?
Perayaan tahun baru menjadi salah satu hal yang ramai dirayakan oleh masyarakat dunia. Mulai dari berkumpul bersama keluarga, menyaksikan kembang api hingga berlibur bersama keluarga.

Lalu, apa saja tradisi unik dalam merayakan tahun baru? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman Insider:


Tradisi Unik Tahun Baru
1. Festival Songkran, Thailand
Tahun baru di Thailand terjadi pada bulan April setiap tahunnya. Saat tahun baru mereka melaksanakan festival Songkran selama tiga hari.

Festival ini dilakukan dengan saling menciprati, menyemprot, dan menyiram air kepada siapapun yang ditemui di jalan.

2. Membunyikan Lonceng 108 Kali, Jepang
Di Jepang, tradisi yang biasa dilakukan adalah membunyikan lonceng berukuran besar yang dilakukan di kuil Buddha. Upacara ini disebut sebagai Joya no Kane yaitu dengan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali untuk mengusir kejahatan dan dosa manusia.

3. Mengecat Merah Pintu Depan Rumah, Cina
Negara Cina memang identic dengan warna merah saat perayaan tahun baru atau Imlek. Selain mengecat pintu, masyarakat Cina juga meletakkan guntingan pita merah di jendela dan pintu sebagai tanda keberuntungan untuk tahun kedepannya.

Warna merah memiliki arti keberuntungan dan kebahagiaan.

4. Melempar Piring Ke Tembok, Denmark
Masyarakat Denmark memiliki tradisi memecahkan piring atau kaca ke tembok atau pintu. Dengan memecahkan piring diyakini dapat membawa keberuntungan.

Selai itu ada tradisi yang dilakukan tepat pada pukul 00.00 pada 1 Januari, ada masyarakat yang akan melompat dari kursi untuk melambangkan mereka telah sampai di tahun baru.

5. Makan 12 Anggur, Spanyol
Di Spanyol, masyarakat melakukan tradisi dengan memakan 12 buah anggur saat tengah malam tahun baru agar dapat menangkal nasib buruk. Tradisi ini disebut sebagai 'Las doce uvas de la buena suerte', hal ini dilakukan 12 detik sebelum pukul 12 malam.

6. Memakan Donat Isi (Krapfen), Jerman
Krapfen, Kreppel, Krebbel, Berliner atau donat isi merupakan makan penting untuk perayaan Silvester (pergantian tahun) di Jerman. Makanan ini adalah donat isi yang berisi selai buah atau cokelat dengan taburan gula.

Donat secara tradisional adalah makanan istimewa yang hanya disajikan saat tahun baru.

7. Melempar Sofa ke Luar Jendela, Afrika Selatan
Melempar sofa bekas yang sudah tidak terpakai dari jendela rumah atau apartemen merupakan tradisi yang sudah dilakukan selama puluhan tahun.

Tradisi ini dipercaya untuk menghempaskan masalah di masa lalu dan memulai sesuatu yang baru.

8. Menggantung Bawang di Pintu Rumah, Yunani
Orang Yunani merayakan tahun baru dengan menggantung bawang di pintu rumah. Tradisi ini memiliki arti kelahiran dan pertumbuhan kembali.

Bawang yang digantung bukan bawang biasa melainkan bawang laut yang dapat tumbuh kembali dengan mengeluarkan tunas dan daun baru. dengan menggantung bawang di pintu dipedaya akan mendatangkan keberuntungan di tahun baru.

9. Berlari Sambil Membawa Koper Kosong, Ekuador
Di Ekuador, orang-orang berlari sambil membawa koper kosong. Tradisi ini disebut Maleta Vacia yang dianggap aneh dan dapat diyakini dapat membuat orang bisa mengunjungi destinasi liburan lebih banyak.

10. Menyelam ke Danai Beku, Siberia
Orang-orang di Siberia akan menyelam ke danau beku sambil menanam pohon. Sungai Lena menjadi lokasi lain untuk orang Siberia merayakan pergantian tahun.

Perlu diingat tradisi ini hanya dilakukan untuk penyelam profesional ya!

Nah itulah tradisi unik perayaan tahun baru di berbagai negara. Jangan tiru yang dilarang di Indonesia ya detikers!


Sumber : detik.com

0 comments: