Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara Sulawesi Selatan, dari Aktivitas Keseharian hingga Rumah Adat Tertua

Sabtu, Desember 18, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan (dok.YouTube/Kemenparekraf RI)

Desa Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, berhasil meraih Juara 3 sebagai Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 pada 7 Desember 2021. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa ini terletak di sekitar kaki Gunung Sopai, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Desa Lembang Nonongan dikenal sebagai desa agraris ini menawarkan sejumlah atraksi wisata dari aktivitas keseharian masyarakat.

Beberapa di antaranya ada To Mangrengnge Pare, yaitu kegiatan masyarakat menanam padi. Lalu, ada To Ma'lambuk, kegiatan menumbuk padi.

Selain itu, ada To Mangrengnge'Utan atau kegiatan memanen hasil hutan. Ada juga To Mewai, kegiatan masyarakat mengambil air di sungai.

Lembang Nonongan juga kaya akan ragam tarian. Ada Pa'Gellu, tarian sukacita yang biasa dipentaskan pada upacara adat. Sementara Pa'randing merupakan tarian adat saat upacara kematian.

Tarian itu mengawali prosesi ketika jenazah dibawa ke lumbung padi menuju Rante atau tempat upacara pemakaman. Ada juga Pa'dena dena, tarian yang memiliki makna hidup dalam berdampingan antarmanusia, alam, dan hewan.

Kuliner

Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan (dok.YouTube/Dokumentasi Toraja Terkini)

Sementara untuk kuliner, Lembang Nonongan memiliki kue depatori. Kue tersebut berasal dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah.

Tak hanya itu, desa ini juga punya Pa'piong. Olahan makanan seperti ayam, ikan, ataupun daging yang dimasak menggunakan bumbu.

Rumah Adat Tertua

Rumah Adat Tertua di Lembang Nonongan, Sulawesi Selatan (dok. YouTube/Kemenparekraf RI)

Hal yang juga tak kalah penting adalah, Lembang Nonongan memiliki Tongkongan. Tongkongan merupakan rumah adat tertua.

Tongkongan memiliki nilai historis yang tinggi, baik dari segi mitologi masyarkaat Toraja maupun dari sistem kebudayaan yang berlaku hingga sekarang. Saat berkunjung ke desa ini, Manparekraf Sandiaga Uno berharap Desa Wisata Lembang Nonongan dapat meningkat menjadi desa wisata mandiri berkelanjutan.

Guna mendukung hal tersebut, Kemenparekraf akan menyiapkan pendampingan bagi Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis setempat untuk pengelolaan desa wisata. "Desa ini siap pada 2022-2023 menjadi salah satu wisata andalan di Kabupaten Toraja Utara," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.




Sumber : liputan6.com

0 comments: