Gara-gara Wajah Mirip Napi Kabur, Pria China Dilaporkan ke Polisi 5 Kali

Kamis, Desember 02, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Zhu Xianjian (kiri) narapidana asal Korea Utara yang melarikan diri dari penjara dan pria China yang memiliki wajah yang mirip. Foto/Screen capture via Weibo

BAICHENG - Gara-gara wajahnya mirip seorang narapidana (napi) yang melarikan diri, pria asal Baicheng, provinsi Jilin, China , dilaporkan ke polisi hingga lima kali dalam tiga hari.

Mengutip laporan dari Global Times, Kamis (2/12/2021), pria yang tidak disebutkan namanya itu memiliki fitur wajah, ekspresi, dan bahkan gaya rambut yang sama dengan penjahat yang kabur; Zhu Xianjian.


Zhu, yang melarikan diri dari penjara pada 18 Oktober 2021, akhirnya ditangkap pada hari Minggu lalu.

Napi 39 tahun tersebut, yang berasal dari Korea Utara, dijatuhi hukuman 11 tahun dan tiga bulan penjara pada tahun 2014 karena tiga pelanggaran yang dia lakukan di Yanbian, Jilin. Beberapa pelanggaran tersebut antara lain melintasi perbatasan nasional secara ilegal, pencurian dan perampokan dengan maksud untuk menimbulkan kerugian dan cedera serius.

Dia akan dibebaskan dan dideportasi ke Korea Utara pada tahun 2023.

Pihak berwenang awalnya menawarkan 150.000 Yuan untuk informasi yang dapat mengarah pada penangkapan Zhu.

Jumlah tersebut kemudian ditingkatkan menjadi 700.000 Yuan setelah jumlah awal gagal memberikan informasi baru.

Menyusul penangkapan Zhu, pengguna internet mengucapkan selamat kepada si pemilik wajah serupa yang kini tidak perlu khawatir lagi dilaporkan.

Sebelum penangkapan Zhu, para pengguna internet, yang menyatakan simpati kepada pria itu atas ketidaknyamanan yang dideritanya, menyarankan agar dia mengenakan kartu identitasnya di lehernya.


Sumber : sindonews.com

0 comments: