Indonesia vs Thailand: Belum Pernah Ada Keajaiban di Final Piala AFF

Jumat, Desember 31, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Thailand pada leg pertama Piala AFF. (ANTARA FOTO/FLONA TOBING)

Jakarta, CNN Indonesia -- Merujuk final Piala AFF sejak menggunakan format dua leg, belum pernah ada tim yang mampu juara setelah kalah dua gol atau lebih di leg pertama.
Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF, Rabu (29/12). Skuad Garuda butuh kemenangan selisih lima gol untuk menjadi juara atau minimal selisih empat gol untuk memaksakan terjadinya perpanjangan waktu.


Berkaca pada final-final sebelumnya di Piala AFF sejak menggunakan format dua leg, belum pernah ada tim yang mampu jadi juara setelah kalah dengan selisih dua gol atau lebih di leg pertama. Timnas Indonesia pun sebelumnya pernah merasakan hal tersebut.

Pada Piala AFF 2004, Indonesia kalah 1-3 dari Singapura di leg pertama. Saat ganti bertandang ke Singapura, Timnas Indonesia kembali kalah 1-2 dan alhasil secara keseluruhan takluk 2-5 dalam agregat.

Enam tahun berselang, Timnas Indonesia kalah telak 0-3 dari Malaysia pada leg pertama. Saat ganti jadi tuan rumah, Timnas Indonesia hanya mampu meraih kemenangan 2-1 sehingga kalah 2-4 dalam agregat.

Thailand juga tak bisa mewujudkan keajaiban di Piala AFF 2012. Mereka kalah 1-3 dari tuan rumah Singapura dan hanya sanggup membalas dengan kemenangan tipis 1-0 di Bangkok.

Malaysia jadi tim yang nyaris melakukan comeback di final Piala AFF 2014. Malaysia kalah 0-2 dari Thailand di Bangkok dan kemudian sempat berhasil memimpin 3-0 atas Thailand di babak pertama ketika bertindak jadi tuan rumah.

Namun Thailand sukses mencetak dua gol balasan di 10 menit akhir pertandingan lewat Charyl Chappuis dan Chanathip Songkrasin. Thailand pun jadi juara dengan keunggulan agregat 4-3 atas Malaysia.

Dengan kondisi tersebut, Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah besar bila mampu jadi juara Piala AFF di edisi kali ini. Tak hanya merebut trofi pertama, Timnas Indonesia juga bakal jadi tim pertama yang bisa melakukan comeback dan jadi juara usai kalah dengan selisih empat gol pada leg pertama final Piala AFF.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: