Ini Tips Jaga Keamanan Anak-Anak di Internet

Rabu, Desember 29, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi anak main gawai. (dok. unsplash/Novi Thedora)

 Seperti orang dewasa, anak-anak di berbagai belahan dunia kini menggunakan internet sebagai sarana hiburan mereka. Kaspersky mengungkap konten apa saja yang paling populer di kalangan anak-anak.

Baik dari segi gim, musik, film dan acara TV, hingga mainan dan hadiah, anak-anak punya preferensinya sendiri.

Melihat kenyataan ini, sudah sepatutnya orang tua memastikan anak-anak mereka memiliki pengalaman online yang positif saat mengakses internet.

Kaspersky pun memberikan sejumlah rekomendasi dan tips jaga keamanan anak di internet. Apa saja?

1. Ikut serta

Melibatkan diri dalam aktivitas online anak sejak dini, sehingga ke depannya dapat diterapkan menjadi kebiasaan yang tepat.

Selain itu, orang tua juga bisa menyelami lebih dalam minat dan hobi anak-anak. Hal ini selain mengamankan anak-anak di internet juga bisa membantu menjaga hubungan yang kuat dan memilih hadiah paling menarik bagi mereka.

2. Terapkan Aturan

ilustrasi anak main smartphone (NICOLAS ASFOURI / AFP)

Orang tua perlu menerapkan aturan yang jelas tentang apa yang anak-anak bisa dan tidak bisa lakukan secara online.

Jelaskan pula ke anak-anak mengapa aturan itu diberlakukan. Ingat, aturan-aturan ini perlu ditinjau terus seiring bertambahnya usia anak.

3. Kebersamaan

Hati-hati, membiarkan anak-anak Anda bermain dengan smartphone sama halnya dengan memberi mereka satu gram kokain. lho.

Orang tua perlu berselancar dan belajar bersama. Dalam hal ini, orang tua bisa melihat di mana anak-anak mereka menghabiskan waktu saat online dan jelajahi cara terbaik untuk menjaga agar anak-anak tetap aman di dunia maya.

4. Aplikasi Kontrol Orang Tua

Teknologi itu sangat perlu sekali dikenalkan kepada anak sedari kecil, contohnya adalah Teknologi Smartphone y

Internet bukan lagi hal asing di kalangan anak-anak. Untuk itu, orang tua mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua.

Keberadaan aplikasi kontrol orang tua terhadap konten yang diakses anak tentu perlu didiskusikan dengan anak-anak mereka.

Tujuannya adalah untuk menjelaskan cara kerja aplikasi kontrol tersebut dan mengapa anak-anak perlu dikontrol agar tetap aman saat menjelajahi dunia maya.



Sumber : liputan6.com

0 comments: