Jelajah Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Tempat Persinggahan Menuju Kawah Ijen

Jumat, Desember 31, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Desa Wisata Tamansari keluar sebagai pemenang juara satu Desa Terbaik Kategori Desa Digital Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa wisata ini terletak di Kecamatan Licin, bagian barat Kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Dikutip dari laman resmi Jaringan Desa Wisata Kemenparekraf, Rabu, 29 Desember 2021, Desa Wisata Tamansari dikenal sebagai desa wisata berbasis Smart Kampung sejak 2016. Potensi desa ini terdiri dari beberapa aspek, yakni aspek wisata alam, UMKM, dan tradisi.

Untuk wisata, desa ini dikenal sebagai jalur menuju ikon wisata Kawah Ijen. Yang paling menarik perhatian dari wisata ini adalah pesona api biru yang telah tersohor, baik di kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri.

Kawahnya juga tampak cantik saat "bermandi" cahaya mentari pagi. Ada pula tambang belerang dan para penambang yang bekerja keras mengumpulkan batu-batu belerang. Pendakian ke Kawah Ijen berjarak sekitar tiga kilometer.

Wisatawan tak hanya dapat bertualang menyaksikan panorama Kawah Ijen, tapi juga bersantai di Desa Wisata Tamansari. Desa ini menyediakan homestay untuk tempat peristirahatan pengunjung sebelum memulai pendakian.

Tarif menginapnya berkisar Rp150 ribu--Rp200 ribu. Jarak Desa Wisata Tamansari dengan Kawah Ijen adalah 30 menit perjalanan atau sekitar 17 kilometer.

Desa wisata ini juga menyediakan transportasi untuk mengantar wisatawan yang ingin berwisata ke Kawah Ijen. Transportasi yang disediakan adalah tropper dan mobil sejenis, yang diyakini sebagai transportasi teraman untuk pergi ke Kawah Ijen yang memiliki medan cukup sulit jika dilalui mobil biasa.

Wisatawan juga dapat berkunjung ke Sendang Seruni, wisata kolam air yang bersumber dari mata air pegunungan. Airnya segar dan bersih, di sekitarnya ditanami selada air yang membuat kolam terasa lebih segar.

Kolam air ini dikelola masyarakat sekitar dengan pemerintah desa sebagai pemodal dan pendukung. Hal tersebut membuat wisata ini bermanfaat secara finansial bagi warga.


Taman Gandrung Terakota

Selain itu, ada pula wisata Taman Gandrung Terakota. Ini adalah situs rawat ruwat seni budaya Banyuwangi di kaki gunung Ijen dengan panorama bukit hijau dan hamparan sawah yang menyejukkan pandangan.

Terdapat galeri seni rupa, amfiteater terbuka sendratari, pementasan dramatari "Meras Gandrung," dan perhelatan musik di destinasi wisata ini. Taman Gandrung Terakota berlokasi di Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan ini digagas oleh Sigit Pramono.

Taman ini didesain dengan konsep sebagai area situs seribu patung tembikar berwujud penari gandrung yang menyebar di sekitar area amfiteater dan persawahan. Gandrung telah jadi identitas budaya asli dan ikon kota Banyuwangi.