Karma Merapi, Resor dengan Bangunan Bersejarah dan Arsitektur Tradisional Jawa

Jumat, Desember 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Setiap akomodasi seantero Nusantara tentu memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Termasuk hotel hingga resor yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti Karma Merapi.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Karma Merapi menjadi properti ke-43 dari Karma Group. Resor yang berlokasi di kawasan Mantrijeron ini adalah bangunan bersejarah yang berusia lebih dari satu abad.

Resor ini juga dibalut dengan gaya arsitektur tradisional Jawa. Karma Merapi pernah digunakan Sultan Yogya untuk menjamu para tamu.

Karma Merapi memiliki 24 suites dengan kolam renang hingga pepohonan rindang di taman. Selain itu, resor ini juga dilengkapi dengan kehadiran restoran bernama Sixsenses Kitchen.

Tamu dapat dengan mudah menjangkau Karma Merapi, seperti berjalan kaki dari Keraton Yogyakarta, kota tua bersejarah. Di sekitar resor juga ramai dengan pasar dan sajian kaki lima yang dapat jadi pilihan tamu untuk mencicipi sajian khas Kota Pelajar.

Lokasi resor juga mudah untuk menuju beberapa destinasi wisata, termasuk ke Candi Borobudur dan Gunung Merapi. Tamu dapat berwisata dalam perjalanan yang singkat dengan kendaraan.


Rekomendasi Wisata

Tidak jauh dari Karma Merapi terdapat Museum Sonobudoyo hingga Istana Kepresidenan Yogyakarta. Wisatawan  dapat menjelajahi Keraton Yogyakarta yang terletak di samping alun-alun. Ini adalah kompleks istana bertembok yang termasuk rumah dan tempat tinggal serta pasar, toko, industri rumahan, dan masjid.

Rekomendasi lain adalah berwisata ke Kota Gede, lingkungan yang indah dengan jalan-jalan sempit dan rumah-rumah ubin mosaik. Dikenal sebagai pusat industri perak Yogya, wisatawan dapat menyaksikan para perajin perak menghasilkan kerajinan tangan.

Dapat pula berjalan-jalan di sepanjang jalan Malioboro, jalan perbelanjaan terbesar di Yogyakarta. Dari kerajinan tradisional lokal hingga batik dan wayang Jawa, wisatawan akan menemukan banyak pilihan oleh-oleh.


Misi

Pemesanan kamar di Karma Merapi sendiri dikhususkan bagi para member Karma. Pemilik dan pendiri Karma Group John Spence menjelaskan keputusannya memperluas kehadiran Karma Group di Indonesia.

"Akuisisi ini melanjutkan strategi kami untuk menyediakan resor dengan lokasi yang mudah dicapai dan digemari oleh pasar domestik," kata John Spence.

"Selain menjadi daya tarik yang kuat untuk wisatawan mancanegara pada saat nanti mereka sudah bisa mengunjungi Indonesia lagi, juga menunjukkan komitmen kami untuk mengembangkan serangkaian resor di Indonesia dan kepercayaan kami pada pasar domestik," tambahnya.


Sumber : suara

0 comments: