Ketua DPD ke Pekerja Migran: Jaga Etika Serta Nama Baik Bangsa & Negara

Kamis, Desember 30, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyoroti kasus dipulangkannya pekerja migran Indonesia (PMI) dari Singapura lantaran tindakan asusila yang dilakukan.
Merespons hal ini, LaNyalla meminta pemerintah dan para pihak terkait, terutama Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) untuk lebih memperhatikan kualitas PMI yang dikirim ke luar negeri.

"Saya sangat menyesalkan pemulangan seorang tenaga kerja wanita oleh majikannya di Singapura. Apalagi, kasus yang terjadi adalah tindak asusila. Sangat memalukan," kata LaNyalla dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, LaNyalla mengatakan tindakan dapat mencoreng dan menjadi citra buruk bagi prospek pekerja migran ART asal Indonesia. Oleh karena itu, ia mengingatkan para PMI agar menjaga etikanya dalam bekerja.

"Saya mengimbau kepada para pekerja yang memilih bekerja di negara asing untuk selalu menjaga etika dan perilaku serta menjaga nama baik bangsa dan negara. Jangan sampai merugikan diri sendiri serta mencoreng nama bangsa," ungkapnya.

LaNyalla pun berharap agar kasus-kasus serupa tidak terulang lagi. Mengingat pada tahun-tahun sebelumnya, terdapat kasus TKW pulang membawa bayi hasil hubungan gelap.

"Kepada para agen pemberangkatan pekerja migran, lakukan kontrol tindakan dan perilaku para pekerjanya. Kita meminta kasus serupa dapat ditekan agar tidak menimbulkan potensi masalah lainnya," pungkasnya.

Sumber : detik.com

0 comments: