Kota Xi'an China Berlakukan Lockdown di Tengah Kebangkitan COVID-19

Jumat, Desember 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments




     Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi China barat laut, memberlakukan penguncian atau lockdown seluruh kota. Kebijakan ini efektif mulai Kamis (23/12/2021) dalam upaya untuk mengekang penyebaran dan kebangkitan kasus COVID-19 terbaru.

Dikutip dari laman Xinhua, Kamis (23/12/2021) sebanyak 127 orang China dinyatakan positif terkena virus selama pengujian pertama di seluruh kota.

Semua kasus positif COVID-19 telah dipindahkan ke institusi medis yang ditunjuk untuk melakukan perawatan. Semua komunitas, desa, dan unit kerja telah ditutup dan warga diminta untuk tidak meninggalkan kota kecuali sangat diperlukan.

Jalur angkutan penumpang jarak jauh telah dihentikan, kecuali kendaraan barang yang mengangkut bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari. Taksi dan kendaraan ojek online dilarang memasuki area berisiko sedang dan tinggi atau bepergian ke luar kota.

Pejabat Kesehatan di China mengatakan bahwa pihaknya belum mendeteksi kasus varian Omicron COVID-19 sejauh ini.

Pada Selasa (30/11/2021), kasus varian Omicron telah dilaporkan di sejumlah negara dan wilayah, demikian dikutip dari Xinhua.

Negara-negara tersebut termasuk Afrika Selatan, Israel, Belgia, Italia, Australia, Kanada, dan Hong Kong China, kata Xu Wenbo, seorang pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, di sebuah konferensi pers.

Menurut Qian Zhaohui, seorang ahli di Chinese Academy of Medical Sciences, varian Omicron menyebar sangat cepat berdasarkan data epidemiologi terbaru yang dilaporkan di Afrika Selatan.

Namun, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah Omicron akan menggantikan Delta sebagai varian yang paling umum.

Qian mencatat dan menambahkan bahwa orang harus benar-benar memperhatikan jenis baru dari varian COVID-19 ini.


Sumber :Liputan6

0 comments: