Manfaat Jeruk untuk Diet dan Tips Mengonsumsinya

Rabu, Desember 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Jeruk telah dikenal sebagai buah dengan sumber vitamin C terbaik bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk diet. Berikut manfaat jeruk untuk diet. (Ilustrasi Foto: skeeze/Pixabay)

Jeruk telah dikenal sebagai buah dengan sumber vitamin C terbaik bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk diet. Manfaat terpopuler dari jeruk untuk diet yakni bisa membantu mempercepat proses metabolisme saat pembakaran lemak.
Seperti kebanyakan buah-buahan pada umumnya, jeruk juga terdiri atas karbohidrat, air, sedikit protein dan lemak, serta relatif rendah kalori.

Hal tersebut tentu mendukung penurunan berat badan menjadi lebih optimal.


Nutrisi Jeruk

Nutrisi dalam buah jeruk (Ilustrasi Foto: Pixabay/uroburos)

Dilansir Healthline, dalam setiap satu buah jeruk berukuran 140 gram mempunyai sejumlah nutrisi:

66 kalori
86 persen air
1,3 gram protein
14,8 gram karbohidrat
12 gram gula
2,8 gram serat
0,2 gram lemak
92 persen vitamin C
9 persen folat
5 persen kalsium
5 persen kalium
Dalam setiap 140 gram jeruk dinilai telah memenuhi 92 persen kebutuhan vitamin C harian. Nutrisi yang larut dalam air ini juga penting bagi tubuh.

Nantinya, tubuh Anda akan memanfaatkan nutrisi dari jeruk untuk keperluan sistem kekebalan tubuh, sintesis kolagen, penyerapan zat besi, dan masih banyak lagi.

Manfaat Jeruk untuk Diet
Manfaat jeruk untuk diet (Ilustrasi Foto: WDnet/Pixabay)

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi jeruk untuk diet setiap hari dengan porsi normal memiliki sejumlah manfaat baik bagi tubuh termasuk untuk diet.

1. Tinggi vitamin C
Kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat fungsi tubuh bekerja dengan baik sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Berdasarkan Journal of the American College of Nutrition pada 2005 dalam Livestrong disebutkan bahwa seseorang dengan asupan vitamin C yang cukup atau lebih tinggi dapat meningkatkan oksidasi lemak tubuh jika diimbangi dengan olahraga intensitas sedang.

Oleh karena itu, kondisi kekurangan vitamin C akan cenderung lebih sulit kehilangan massa lemak dan penurunan berat badannya terhambat.


2. Kaya serat
Buah jeruk yang dikonsumsi utuh atau diolah menjadi jus tanpa gula tambahan, mengandung sejumlah serat baik sekaligus membuat kenyang lebih lama.

Serabut putih dalam jeruk juga memuat pektin yaitu serat untuk mengikat lemak berlebih serta melancarkan pencernaan. Jika Anda sedang menurunkan berat badan, akan lebih baik makan buah jeruk utuh untuk meningkatkan rasa kenyang.


3. Rendah kalori
Ketika sedang diet, tubuh perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori agar turun berat badan lebih efektif. Namun bukan berarti membuat Anda jadi makan lebih sedikit.

Buah-buahan seperti jeruk dapat menambah nutrisi pada makanan tanpa menambah banyak kalori dan membuat perut tersiksa.

Jeruk dikenal sebagai buah rendah kalori namun padat nutrisi, sehingga baik dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan gizi harian. Buah manis dan sedikit masam ini bahkan hanya menyediakan 47 kalori per 100 gramnya.


4. Kontrol gula darah
Meskipun manis, buah jeruk termasuk rendah indeks glikemik (GI) menurut American Diabetes Association (ADA).

Semakin rendah kadar GI suatu makanan, artinya semakin sedikit pengaruhnya terhadap kenaikan gula darah dan kadar insulin.

Hal ini pula didukung dengan beberapa hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi jeruk dapat mengontrol gula darah jadi stabil sehingga tubuh lebih efektif mengontrol hormon kelaparan.

Tips Mengonsumsi Jeruk saat Diet

Cara mengonsumsi jeruk saat diet (Ilustrasi Foto: Daria-Yakovleva/Pixabay)

Merujuk laman Medical News Today, jenis jeruk untuk konsumsi saat diet ada banyak, antara lain jeruk navel, jeruk mandarin, jeruk cara cara, jeruk blood oranges, jeruk valencia, jeruk seville, jeruk jaffa, jeruk nipis, dan lemon.

Cara mengonsumsi jeruk untuk diet yang paling disarankan adalah dimakan langsung utuh, bisa dimakan bersama buah-buahan lain atau dicampur ke dalam menu diet rendah kalori di bawah ini:

1. Smoothie jeruk
Bahan

1 buah naga merah, potong dadu
1 buah pisang ambon (tidak terlalu matang) potong-potong
1 buah jeruk (singkirkan bijinya)
Sedikit air

Cara membuat smoothie jeruk

Masukkan semua potongan buah-buahan ke dalam blender dan beri sedikit air.
Blender sampai larut keseluruhan dan smoothie jeruk siap dinikmati.
2. Salad buah saus yoghurt
Bahan

2 buah jeruk (singkirkan bijinya)
5 buah stroberi, belah dua bagian
1 buah kiwi, potong-potong
½ buah mangga, potong-potong
1 cup yoghurt plain atau greek yoghurt
Cara membuat salad buah saus yoghurt

Masukkan semua potongan buah-buahan ke dalam wadah.
Siram dengan yoghurt plain atau greek yoghurt, lalu tinggal disantap.
Manfaat jeruk untuk diet ini akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan makanan bernutrisi lainnya selain buah jeruk, dan selalu sempatkan berolahraga minimal 3 kali seminggu.





Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: