Membanggakan, Indonesia Juara Destinasi Menyelam Terbaik Dunia 2021 Versi Dive Magazine

Selasa, Desember 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan alam Nusantara telah sejak lama jadi sorotan dunia. Termasuk ketika Indonesia dinobatkan sebagai pemenang Best Scuba Diving Destination atau destinasi menyelam terbaik dunia pada ajang DIVE Travel Awards 2021 oleh Dive Magazine.

Dilansir dari laman Dive Magazine, Senin (27/12/2021), ajang penghargaan ini terdiri dari 108 destinasi berbeda, 245 liveabroards, dan lebih dari 750 pusat menyelam dan resor berbeda serta total hampir 17 ribu nominasi individu. Pembaca majalah ini telah memilih destinasi menyelam terkeren.

Penyelam dari seluruh dunia telah memilih destinasi favorit dari nominasi yang ada di ajang ini. Mereka mengungkapkan pilihan kedalaman dan penyebaran keunggulan dalam industri perjalanan terkhusus untuk menyelam.

Pengambilan suara menunjukkan loyalitas yang dimiliki banyak penyelam terhadap operator favorit mereka, baik di darat maupun di kapal. Hal tersebut juga menunjukkan skala industri selam di Indonesia dengan begitu banyak penyelaman yang sangat baik.

Mereka juga berharap ada sederet operator hebat yang tersebar di Indonesia. Dive Magazine memilih sebanyak 10 pemenang dari setiap kategori, ada nama baru dan ada pula yang juara bertahan.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemilih kami yang telah mendukung industri perjalanan selam, terutama di masa sulit Covid-19 ini. Dan kami semua berharap dapat kembali ke destinasi dan operator favorit kami tahun depan!" tulis majalah tersebut.


Sederet Destinasi

Indonesia berada di posisi teratas untuk tahun kelima secara berturut-turut. Majalah ini menuliskan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan merupakan jantung dari Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karang dengan kekayaan keanekaragaman hayati.

Selama ajang ini berlangsung, banyak orang yang menominasikan lokasi sebagai tujuan favorit mereka, daripada negara secara keseluruhan. Pihaknya pun mengumpulkan suara dari pemilih dan mendapat rincian regional.

"Raja Ampat sejauh ini merupakan wilayah paling populer di Indonesia, diikuti oleh Komodo, Bali (termasuk Kepulauan Nusa) dan Sulawesi Utara (termasuk Taman Nasional Lembeh dan Bunaken), dengan Kepulauan Gili di tempat kelima," jelas keterangan tersebut.



Kategori Lain

Indonesia berada di posisi puncak untuk kategori destinasi menyelam terbaik dunia. Tanah Air mengungguli sembilan destinasi lainnya, yakni Mesir, Malaysia. Maladewa, Meksiko, Filipina, Fiji, Solomon Islands, Galapagos, dan Thailand.

Tidak hanya kategori itu, Indonesia juga menyabet kemenangan untuk Best Scuba Diving Liveaboard. Coralia kembali ke posisi teratas dalam DIVE Travel Awards 2021 setelah dinobatkan sebagai pemenang pada 2019.

Meski peringkat Coralia turun (tetapi tetap berada di 10 Teratas) di 2020, tahun ini ia menempati posisi pertama setelah bulan pertama pemungutan suara, dan berduel dengan Bilikiki selama enam bulan berikutnya. Keduanya bertukar posisi sebelum menempati posisi pertama dan bertahan.

Coralia memiliki kapal Phinisi berdesain klasik dengan delapan kabin yang luas. Coralia menjalankan serangkaian rencana perjalanan dari markasnya di Raja Ampat, meliputi Komodo, Laut Banda, Alor, Halmahera, dan Teluk Cenderawasih.


Sumber : liputan6

0 comments: