Mulai Bisnis dengan Startup Fintech, Begini Tips dan Daftar Perusahaannya

Kamis, Desember 30, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Fintech merupakan sebuah inovasi pada industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Istilah Startup Fintech lebih berpusat pada perusahaan yang melakukan inovasi di bidang jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern.

Jika Anda tertarik untuk membangun startup fintech, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Tahu Aturan

Sangat penting untuk mengetahui seluk beluk industri fintech dan perbankan karena hal ini sangat diatur. Terdapat undang-undang yang mengatur dalam industri ini seperti dalam pencucian uang, keamanan data, perlindungan data umum, dan lain-lainnya. 

Untuk itu, mengenai undang-undang dan pengaruhnya terhadap bisnis Anda jika Anda berencana untuk meluncurkan startup yang dapat diakses secara global.

2. Identifikasi Target Pasar

Berikut beberapa pertanyaan untuk membantu Anda dalam Mengidentifikasi pasar Anda. Siapa yang ingin Anda targetkan seperti kelompok demografis tertentu, negara tertentu, wilayah, produk global.

Pikirkan apakah Anda datang kepada perusahaan fintech secara lokal terlebih dahulu secara global? Keahlian khusus Anda dalam industri ini, beberapa ceruk populer dalam industri ini adalah manajemen investasi, kredit, perbankan seluler, transfer uang global, kredit dan uang muka, teknologi asuransi, solusi berbasis blockchain, penggalangan dana dan produk keuangan.

 3. Kenali Pesaing

Setelah Anda mengidentifikasi ceruk dan lokasi Anda, Anda perlu mempelajari persaingan. Anda memasuki pasar dengan solusi yang ada, dan oleh karena itu produk Anda harus unik dan mengatasi celah tertentu di subdomain tersebut. Alternatifnya, Anda mungkin tidak bisa memperkenalkan sesuatu yang baru namun dapat meningkatkan kualitas dari apa yang ada.

4. Bangunlah tim

Tekfin terdiri dari keuangan dan teknologi. Meskipun kedua bagian itu penting, memiliki tim ahli teknis yang berpengalaman akan membantu Anda membuat aplikasi tekfin yang unik. 

Anda dapat memilih untuk bekerja dengan perusahaan pengembangan aplikasi dari lokasi yang lebih hemat biaya tetapi dengan pakar teknis terbaik.

5. Pilih Opsi Pendanaan

Terdapat banyak cara mendapatkan uang untuk startup fintech Anda. Hal ini termasuk dengan crowdsourcing, kredit bank, modal ventura, investor malaikat, kompetisi startup dan lain-lainnya. 

Namun dibalik itu, Anda harus memiliki produk yang layak minimum yang berfungsi sebagai konsep bukti. Dana dari MVP cukup untuk membangun software atau aplikasi untuk target pasar Anda.

 6. Bangun Bisnis dan Tingkatkan

Bangun dan tingkatkan Pengembangan adalah langkah terakhir setelah Anda memiliki 5 langkah pertama. Hal ini adalah proses berkelanjutan dan membentang ke masa depan. 

Hal ini melibatkan peluncuran startup, memulai operasi, mengadopsi teknologi, merangkul tren baru dari waktu ke waktu. Untuk itu, jalan terbaik adalah memulai dari yang kecil dan tingkatkan produk Anda untuk mengurangi risiko terburu-buru dalam memasuki pasar fintech yang jenuh dan kompetitif.

Produk fintech biasanya berupa suatu sistem yang dibangun guna menjalankan mekanisme transaksi keuangan yang spesifik. Dilansir dari duniafintech.com Berikut daftar nama perusahaan fintech yang terdaftar di OJK sampai 25 Januari 2018:

1. PT Pasar Dana Pinjaman

2. PT Lunaria Annua Teknologi

3. PT Danakita Data Prima

4. PT Amartha Mikro Fintek

5. PT Mitrausaha Indonesia Group

6. PT Investree Radhika Jaya

7. PT Pendanaan Teknologi Nusa

8. 8.PT SimpleFi Teknologi Indonesia

9. PT Aman Cermat Cepat

10. PT Mediator Komunitas Indonesia

11. PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia

12. PT Digital Alpha Indonesia

13. PT Indo FinTek

14. PT Indonusa Bara Sejahtera

15. PT Dynamic Credit Asia

16. PT Fintegra Homido Indonesia

17. PT Sol Mitra Fintec

18. PT Creative Mobile Adventure

19. PT Digital Tunai Kita

20. PT Progo Puncak

21. PT Relasi Perdana Indonesia

22. PT iGrow Resources Indonesia

23. PT Qreditt Indonesia

24. PT Cicil Solusi Mitra Teknologi

25. PT Intekno Raya

26. PT Kas Wagon Indonesia

27. PT Esta Kapital Fintek

28. PT Gradana Teknoruci Indonesia

29. PT Mapan Global Reksa

30. PT Aktivaku Investama Teknologi

31. PT Karapoto Teknologi Finansial

Sumber : tagar.id

0 comments: