Omicron Ditemukan di Lebih dari 80 Negara, Kasus Asia Tenggara Minim

Jumat, Desember 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Kasus varian Omicron di China. (AP/Ng Han Guan)

Total lebih dari 80 negara mendeteksi varian baru Covid-19 Omicron. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyampaikan varian ini menyebar dengan kecepatan yang tak pernah terjadi dari varian lain.
"Kenyataannya ialah Omicron mungkin sudah ada di sebagian besar negara, meskipun itu belum terdeteksi. Omicron menyebar dengan kecepatan yang tak pernah kita lihat dari varian sebelumnya," kata WHO dalam sebuah pernyataan pers.

Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia baru-baru ini mengonfirmasi kasus pertama Omicron.

"Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kemenkes tadi malam mendeteksi pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data-data sudah kami konfirmasi, dan ini sudah data sequencing omicron," kata Menteri Kesehatan RI Budi Sadikin, Kamis (16/12).


Budi menyampaikan bahwa pasien N merupakan petugas kebersihan di Wisma Atlet, Jakarta.

Selain Indonesia, Kamboja dan Filipina juga mengonfirmasi kasus varian Omicron di negara itu.

Ada satu kasus infeksi Omicron yang terdeteksi di Kamboja. Kasus ini dialami perempuan 23 tahun yang sedang hamil.

Kementerian Kesehatan Kamboja pada Selasa (14/12) menyampaikan, perempuan ini sempat pergi ke Ghana dan transit di Dubai dan Bangkok, dikutip dari Reuters.

Sementara itu, Filipina mendeteksi dua kasus varian Omicron pada Rabu (15/12).

Kedua pasien terinfeksi Omicron di negara itu kini menjalani isolasi di fasilitas karantina, kata Departemen Kesehatan Filipina.

Tak hanya itu, Thailand, Singapura, dan Malaysia telah lebih dulu mendeteksi varian Omicron di negara mereka.

Thailand mendeteksi varian Omicron pada Senin (6/12). Sementara itu, Malaysia mendeteksi varian Omicron pada Jumat (3/12).

"Kasus terkonfirmasi pertama varian Omicron adalah pria 35 tahun berkewarganegaraan AS yang sempat tinggal di Spanyol selama setahun," tutur Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Opas Karnkawinpong.

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan, Covid-19 varian Omicron menginfeksi seorang pendatang asing yang baru datang dari Afrika Selatan. Pendatang tersebut tiba di Malaysia pada 19 November lalu, dikutip dari Reuters.

Singapura sendiri menjadi negara Asia Tenggara yang mengumumkan terdeteksinya varian Omicron. Kasus Omicron di negara itu terdeteksi pada Kamis (2/12) terhadap dua pasien infeksi Covid-19.

Terdeteksinya Omicron di beberapa negara tadi menyebabkan hanya empat negara Asia Tenggara yang belum mendeteksi varian Omicron. Empat negara tersebut yakni Laos, Myanmar, Vietnam, dan Brunei Darussalam.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: