Piala AFF 2020: Singapura Kehilangan Bek Andalan, Peluang Indonesia ke Final

Senin, Desember 20, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Indonesia akan melawan Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Kabar baiknya, pertahanan tuan rumah kemungkinan akan keropos karena kehilangan bek andalannya, yakni Shakir Hamzah. Foto: straitstimes

KALLANG - Indonesia akan melawan Singapura di semifinal Piala AFF 2020 . Kabar baiknya, pertahanan tuan rumah kemungkinan akan keropos karena kehilangan bek andalannya.

Duel Indonesia vs Singapura di babak empat besar akan digelar dua kali. Leg pertama berlangsung Rabu (22/12/2021) dan yang kedua pada Sabtu (25/12/2021). 


Sejatinya Indonesia cukup dirugikan karena semua laga semifinal berlangsung di National Stadium, Kallang. Artinya, Singapura dua kali mendapat keuntungan kandang. Ini berbeda dari edisi sebelumnya. 

Meski demikian, Indonesia juga sedikit mendapat kabar gembira. Diberitakan bek pilar Singapura, Shakir Hamzah harus menepi hingga Piala AFF 2020 usai akibat cedera parah. 

Pada laga penutup penyisihan Grup A kontra Thailand di National Stadium, Kallang, Sabtu (18/12/2021), Shakir ditandu keluar pada menit ke-12. Kakinya diperban usai bertabrakan dengan Thitiphan Puangchan.

Pada akhirnya, Singapura kalah 0-2. Tim berjuluk The Lions harus rela jadi runner-up Grup A dan akan bersua Indonesia di semifinal. 

Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida mengaku sedih dengan absennya Shakir. Pasalnya, pemain berusia 29 tahun itu merupakan andalan di posisi bek kiri. 

“Shakir telah berkembang menjadi anggota kunci tim, dan kami akan merasakan ketidakhadirannya baik di dalam maupun di luar lapangan,” kata Yoshida dilansir Straits Times.

Shakir merupakan pemain yang selalu diturunkan pada Piala AFF kali ini. Posisinya sebagai bek kiri Singapura tidak tergantikan. 

Tidak adanya Shakir membuat pertahanan Singapura keropos. Terbukti, setelah dia ditandu keluar di menit ke-12, gawang tuan rumah dua kali dibobol Thailand melalui Elias Dolah (31) dan Supachai Chaided (45). 


Shakir mengungkapkan kekecewaannya karena tidak bisa memperkuat Singapura kontra Indoensia. Padahal pemain Tanjong Pagar United itu mengaku sudah tidak sabar bermain di babak semifinal.

“Saya sangat kecewa menderita cedera ini dan tidak akan bisa membantu tim dalam pertandingan babak gugur yang selalu saya nantikan. Saya akan terus mendukung tim dan fokus pada pemulihan saya,” katanya. 

Absennya Shakir tentu menjadi kabar baik bagi Indonesia. Pasalnya, daftar cedera pemain pilar Singapura bertambah panjang.

Sebelumnya, penyerang Singapura, Gabriel Quak dipastikan absen karena harus menjalani operasi pada cederanya. Indonesia tentu harus memanfaatkan situasi ini dengan sebaik mungkin.


Sumber : sindonews.com

0 comments: