Ras yang Dimiliki Suku Bangsa Asia Timur dan Asia Tenggara

Jumat, Desember 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Getty Images/Linh Pham

Ras merupakan golongan manusia tertentu berdasarkan ciri-ciri biologis. Seorang antropolog Amerika berpengaruh pada pertengahan abad ke-20, A.L Kroeber, mengelompokkan ras menjadi empat rumpun yang tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk suku bangsa Asia Timur dan Asia Tenggara.

Para ahli sosial mendefinisikan ras sebagai kelompok manusia yang dapat dibedakan berdasarkan karakteristik fisik, seperti warna kulit, bentuk muka, warna dan bentuk rambut. Ras ini dapat ditemui berdasarkan persebaran penduduk di suatu tempat.

Ras Suku Bangsa Asia Timur dan Asia Tenggara
Suku bangsa di Asia Timur dan Asia Tenggara pada umumnya tergolong ras mongoloid. Ras jenis ini dicirikan dengan rambut lurus berwarna hitam dan mata yang cenderung sipit. Selain penduduk wilayah Asia, ras mongoloid juga dimiliki oleh penduduk asli Amerika.


Jenis-jenis Ras Mongoloid dan Persebarannya
Ras mongoloid terbagi menjadi tiga sub bagian. Berikut pembagiannya seperti dikutip dari buku Dasar-dasar Ilmu Budaya oleh Isma Tantawi, Kamis (16/12/2021).

1. Ras Asiatic Mongoloid
Ras Asiatic mongoloid dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di wilayah Asia Utara, Asia Tengah, dan Asia Timur.

2. Ras Malayan Mongoloid
Ras malayan mongoloid dapat dijumpai pada orang-orang yang tinggal di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar.

3. Ras American Mongoloid
Ras american mongoloid adalah jenis ras mongoloid yang dimiliki oleh penduduk asli benua Amerika Utara dan Amerika Selatan. Mereka adalah orang eskimo di Amerika Utara sampai penduduk Terra Del Fuego di Amerika Selatan.

Selain ras mongoloid, terdapat empat jenis ras khusus, antara lain ras bushman di Gurun Kalahari, Afrika Selatan, kemudian ras veddoid di pedalaman Sri Lanka dan orang-orang Toraja di Sulawesi Selatan. Lalu, ras polinesia di Kepulauan Mikronesia, Pasifik Selatan dan ras Ainu di Pulau Hokkaido dan Pulau Karafuto. Ras Ainu yang dimiliki oleh penduduk asli Jepang.



Sumber : detik.com

0 comments: