Ratu Bulu Tangkis Taipei ke Perempat Final Kejuaraan Dunia 2021

Jumat, Desember 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Tai tzu ying (AFP/Handout)

Suara.com - Ratu bulu tangkis China Taipei, Tai Tzu Ying melaju ke perempat final Kejuaraan Dunia 2021 alias BWF World Championships 2021 usai menekuk Kirsty Gilmour (Skotlandia), Kamis (16/12/2021).

Tai Tzu Ying yang merupakan tunggal putri unggulan teratas turnamen, mengalahkan wakil Skotlandia di babak 16 besar ydengan skor 21-10, 19-21, 21-11.

Kemenangan pebulu tangkis asal Taiwan ini tercipta berkat kesabaran dalam menghadapi Gilmour yang lebih unggul dari aspek tenaga.

Pada gim pertama, Tzu Ying langsung memberikan tekanan pada pebulu tangkis peringkat ke-21 itu dan tak menghadapi kendala berarti untuk mengemas keunggulan. Tzu Ying bermain solid dan jarang melakukan kesalahan sehingga bisa dengan mudah unggul atas lawannya.

Sementara di gim kedua, Gilmour mengubah strateginya dengan bermain lebih sabar mengikuti pola Tzu Ying di gim pembuka. Perubahan ini menguntungkan Gilmour, dan meski sempat tertinggal 2-6, namun akhirnya ia bisa membalap dan unggul 14-8.

Sedangkan bagi Tzu Ying, menyadari posisinya tak mengenakkan, akhirnya dia memperlambat tempo permainan dan terkesan membiarkan Gilmour mengambil inisiatif serangan untuk sementara waktu.

Tanpa diduga, Gilmour melakukan eror di interval kedua, dan hal ini membuat Tzu Ying berusaha mengejar ketertinggalan serta berharap dapat menuntaskan pertandingannya hari ini dengan dua gim langsung.

Skor yang semula unggul bagi Gilmour 20-12, terkejar sebanyak tujuh poin akibat keteledorannya yang menjadi kurang sabar mematikan lawan. Skor pun menjadi tipis 20-19.

Meski begitu, harapan Tzu Ying untuk menang dua gim langsung dengan bekerja keras mengejar ketertinggalan tak berbuah baik karena Gilmour mendapat satu poin terakhir di gim kedua.

Tzu Ying, yang sebelumnya sempat memainkan tempo lambat di gim kedua, kini punya energi lebih di gim penentuan untuk mengeluarkan serangan-serangan mematikan.

Gilmour tak bisa berkutik meladeni permainan Tzu Ying yang kembali menekan di gim ketiga, dan perolehan poinnya juga terbantu akibat kesalahan pengembalian yang dilakukan lawannya.

Hasil hari ini membuat Gilmour harus mengakui keunggulan Tzu Ying yang menyapu bersih seluruh kemenangan di lima pertemuan mereka.

Pada babak delapan besar, Tzu Ying akan bertemu pebulu tangkis India Pusarla V Sindhu yang menjadi unggulan keenam. Dalam catatan pertemuan keduanya, Tzu Ying membukukan keunggulan 14-5 atas Sindhu, demikian seperti dimuat Antara.


Sumber : sindonews.com

0 comments: