Siapa Sangka, Sekarang dari Portugal ke Singapura Bisa Naik Kereta Api

Rabu, Desember 22, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Siapa sangka pergi dari Portugal ke Singapura bukan hanya bisa menggunakan pesawat. Tapi, sekarang juga bisa menggunakan kereta api.

Hal ini dikarenakan dibukanya jalur kereta api baru di Laos, sehingga menjadikan perjalanan kereta api berkelanjutan terpanjang di dunia.
Jika bepergian mengunakan kereta api dari Portugal ke Singapura, para wisatawan akan melewati beberapa negara, seperti Paris, Moskow, dan Beijing.
Perjalanan dari Portugal ke Singapura menempuh jalur sepanjang 18.755 km, dan para ahli memperkirakan akan sampai dalam waktu 21 hari.

Dilansir Euro News, hipotesis rute ini dihitung oleh penggemar kereta api di Reddit dengan bantuan ahli kereta api dari seat61.com bernama Mark Smith.

Sebelumnya perjalanan kereta api ini berakhir di Vietnam dan hanya menempuh jarak sekitar 16.898 km. Kemudian ke Singapura harus menggunakan bus dari Saigon, melalui Kamboja menuju Bangkok.
Namun, pada 2 Desember 2021 lalu, jalur kereta api dari Kunming, China, ke Vientiane, Laos, resmi dibuka. Ini berarti perjalanan menggunakan kereta api bisa pergi antara Beijing dan Bangkok, kemudian ke Singapura.

Bagaimana Agar Bisa Melakukan Perjalanan Terpanjang di Dunia dengan Kereta Api?


Perjalanan ini akan melewati 13 negara berbeda, mulai dari Spanyol, Polandia, dan Belarusia di Eropa, hingga Mongolia, Thailand, dan Malaysia dalam perjalanan Asia.
Utas Reddit menunjukkan bahwa ada beberapa kereta api yang termasuk dalam rute tersebut tidak beroperasi karena COVID-19. Dua dari jalur terpanjang, Paris-Moscow Express dan Moskow ke Beijing saat ini ditangguhkan karena pandemi.

Tentu saja dalam 21 hari perjalanan itu sudah termasuk pemberhentian. Diperkirakan untuk memesan tiket kereta api di kota berbeda untuk seluruh tiket perjalanan akan menghabiskan biaya 1.200 euro atau setara dengan Rp 19,4 juta.
Tentu ketika bepergian dengan kereta api juga turut mengurangi emisi karbon perjalanan secara signifikan. Penerbangan satu arah dari Lisbon, Portugal, ke Bandara Changi di Singapura akan mengeluarkan sekitar 1,67 ton setara CO2. Sebagai perbandingan, melakukan perjalanan jauh dengan kereta api atau bus akan mengeluarkan sekitar 0,08 ton.

Sumber : kumparan.com

0 comments: