Tips Menyimpan MPASI agar Kualitasnya Terjaga

Rabu, Desember 22, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi tips menyimpan MPASI. Foto: Shutterstock


Satu hal yang enggak boleh Mama-Mama lupakan saat menyiapkan MPASI buatan sendiri adalah mengetahui bagaimana tips menyimpan MPASI agar kualitasnya tetap terjaga. Dari apa yang Mama baca, ternyata MPASI ini enggak boleh disimpan begitu saja.

Salah satu teman Mama pernah cerita soal kekhawatirannya tentang cara menyimpan MPASI. Teman Mama ini selain mengurus anak, dia juga bekerja, Ma. Jadinya waktu yang dia miliki enggak terlalu fleksibel untuk bisa bikin MPASI setiap hari.
Di sisi lain, dia juga enggak mau memberikan MPASI instan seperti yang dijual di pasaran. Bukan karena apa-apa, tapi dia percaya kalau makanan rumahan yang dibuat sendiri akan jauh lebih aman daripada makanan jadi.
Selain itu, membuat MPASI sendiri juga memungkinkan Mama-Mama untuk terus berkreasi sehingga anak enggak cepat bosan. Membuat MPASI sendiri juga bisa membantu kamu untuk mengetahui kira-kira anakmu ini punya alergi terhadap makanan tertentu atau tidak.
Tetapi buat Mama-Mama yang sibuk seperti teman Mama, rasanya mungkin sulit untuk bisa memasak MPASI tiap anak mau makan. Akhirnya teman Mama ini harus pintar-pintar cari waktu untuk membuat MPASI. Dia biasanya masak lebih banyak supaya MPASI cukup untuk makan si kecil seharian itu.

Tetapi, MPASI yang dia buat ini sering juga enggak habis. Kalau sudah begini, dia suka tanya sama Mama aman enggak sih makanannya disimpan di kulkas? Soalnya sayang juga kan kalau dibuang.
Saat membuat MPASI bayi, Mama-Mama juga mungkin pernah mengalami makanan tidak habis seperti yang teman Mama alami. Mau dibuang takut mubazir, kalau dibuang juga rasanya sayang ya, Ma.
Untuk itu, penting banget nih untuk tahu gimana sih cara menyimpan MPASI yang benar. Supaya kalau ada makanan yang dibuat sendiri dan harus disimpan, kualitas makanannya enggak berubah.
Menyimpan MPASI anak memang enggak bisa disimpan begitu aja, Ma. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan, lho, Ma. Yuk simak selengkapnya!

Tips Menyimpan MPASI

Ilustrasi tips menyimpan MPASI. Foto: Shutterstock

Baik membeli makanan bayi di pasar atau membuatnya sendiri, penting untuk mengetahui cara menyimpan, menyiapkan, dan memanaskan kembali makanan bayi dengan benar dan aman.
Dikutip dari Happy Family Organics, Mama-Mama harus menyimpan makanan bayi atau MPASI di dalam kulkas. Jika makanan disimpan di suhu ruang, dikhawatirkan akan muncul bakteri, Ma.
Ada juga beberapa panduan yang bisa Mama perhatikan saat akan menyimpan makanan bayi seperti berikut ini.
  • Makanan halus bayi dengan kandungan sayuran dan buah-buahan dapat disimpan di lemari es selama 48 hingga 72 jam dan di dalam freezer selama 6 hingga 8 bulan.
  • Makanan bayi buatan sendiri aman disimpan selama 24 hingga 48 jam di lemari es dan selama 1 hingga 2 bulan di dalam freezer.
  • Makanan bayi yang baru saja dimasak tidak boleh disimpan di suhu ruang lebih dari 2 jam. Karena setelah 2 jam, kemungkinan bakteri akan mulai tumbuh dan makanan menjadi basi.
Selain mempertimbangkan waktu penyimpanan, Mama-Mama juga harus memperhatikan tempat penyimpanan makanannya. Sebaiknya, MPASI disimpan dalam wadah kedap udara yang terbuat dari kaca atau plastik dan sudah dilabeli BPA free.

Nah kalau makanannya mau disimpan di freezer dalam waktu lama, jangan lupa tuliskan tanggal pembuatan MPASI-nya ya, Ma. Supaya, kamu enggak lupa sudah berapa lama MPASI itu ada di kulkasmu.


Sumber : kumparan.com

0 comments: