2 Tempat Wisata di Dieng Banjarnegara untuk Lihat Embun Upas

Kamis, Januari 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


KOMPAS.com – Memasuki awal 2022, fenomena tidak biasa terjadi di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Embun upas kembali menyelimuti kawasan Dieng. 

Fenomena ini biasanya terjadi pada puncak musim kemarau, yakni pada Juli hingga September. Sementara pada awal tahun, yakni Januari, Indonesia, termasuk kawasan Dieng sedang berada di musim hujan. 

Karena waktu kemunculannya yang tidak biasa, belum ada wisatawan yang datang menyaksikan fenomena ini. "Tadi pagi belum ada (wisatawan) yang melihat karena biasnaya Bulan Juli mulainya," kata Kepala UPDT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Sri Utami, seperti dilansir Tribun Travel.

Jika penasaran ingin menyaksikan fenomena embun upas, terdapat dua tempat wisata yang dapat dikunjungi yakni sebagai berikut. 

Perlu dicatat bahwa seluruh tempat wisata yang buka di Kabupaten Banjarnegara telah menerapkan protokol kesehatan, serta pembatasan kapasitas kunjungan. 

Saat berkunjung, wisatawan wajib memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak, serta tidak bepergian jika sakit. 

Apabila tidak bisa masuk ke tempat wisata dan dialihkan untuk pergi ke tempat wisata lain karena kuota kunjungan sudah penuh, ada baiknya kamu patuhi arahan petugas agar dapat berwisata dengan aman dan nyaman. 

1. Kawah Sikidang
Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata di dataran tinggi Dieng yang menawarkan fenomena kawah aktif. Di samping itu, tempat wisata ini merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk melihat fenomena embun upas karena suasana alam yang ditawarkan. 

Sambil menikmati pemandangan alam, serta fenomena kawah aktif embun upas di Kawah Sikidang, jangan lupa bahwa tempat wisata ini masih mengeluarkan material seperti air dan asap yang mengandung unsur belerang tinggi. 

Saat berada di sana, pengunjung dilarang berdiri terlalu dekat dengan kawah karena suhu di permukaan kawah utama mencapai 80-90 derajat celcius. Kawah Sikidang buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.

2. Candi Arjuna
Candi Arjuna, salah satu peninggalan kerajaan Mataram Kuno, adalah tempat wisata lain yang direkomendasikan untuk menikmati fenomena embun upas. 

Jarak dari Kawah Sikidang menuju tempat wisata ini hanya sekitar 1,5 kilometer atau enam menit. Setiap tahunnya, Candi Arjuna selalu menjadi sasaran wisatawan untuk melihat fenomena tersebut. 

Bahkan, tidak jarang wisatawan sudah ada di sana sejak pagi buta demi mengabadikan momen yang jarang terjadi setiap hari. Selain itu, ada juga beberapa yang mendirikan tenda di sekitar kawasan Candi Arjuna agar tidak ketinggalan embun upas. 

Selama berada di sana, wisatawan pada pagi buta dapat melihat rerumputan dan dedaunan yang diselimuti lapisan kristal es jernih. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Sumber : kompas.com

0 comments: