3 Contoh Kerajinan Budaya Lokal

Senin, Januari 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi contoh kerajinan budaya lokal salah satunya batik. Foto: iStock

Kerajinan budaya lokal adalah suatu jenis kerajinan yang memfokuskan pada hasil ciptaan yang idenya berasal budaya-budaya tradisional dalam negeri. Ada banyak contoh kerajinan budaya lokal yang bisa ditemui di berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Sebagai negeri dengan keanekaragaman budaya yang melimpah, banyak perajin di Indonesia mengembangkan karya dengan inspirasi kerajinan budaya lokal.
Untuk mengetahui apa saja contoh kerajinan budaya lokal, simak selengkapnya berikut ini.

Contoh Kerajinan Budaya Lokal

Dikutip dari Buku Saku Prakarya (Kerajinan) untuk SMA Kelas X oleh Retno Murti Setyorini, berikut beberapa contoh kerajinan budaya lokal dari berbagai daerah di Indonesia.
1. Kerajinan Seni Pahat
Ilustrasi kerajinan seni pahat dari suku Asmat. Foto: iStock
Seni pahat adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi yang diciptakan dengan cara memahat.
Salah satu contoh kerajinan budaya lokal dalam bentuk ukiran atau seni pahat adalah kerajinan kayu suku Asmat di Papua.
Wilayah Asmat terkenal dengan ukiran kayunya yang menawan. Suku Asmat memang terkenal sebagai pemahat kayu sejati dan hasil-hasil pahatannya sudah tersohor hingga ke luar negeri.
Seni pahat Asmat sangat erat sekali hubungannya dengan tradisi yang mereka percaya, terutama yang erat kaitannya dengan tradisi lisan yang terkandung dalam mite, legenda, dan dongeng yang mereka anggap sakral dan berhubungan dengan sejarah kehidupan leluhur atau nenek moyang.
Bermacam-macam ukiran maupun pahatan yang dibuat suku Asmat terdiri dari bentuk dayung, perisai, tifa, hingga perabotan rumah tangga seperti mebel.
2. Kerajinan Seni Anyaman
Secara umum, seni anyaman merupakan proses menyilangkan bahan-bahan dari tumbuh-tumbuhan untuk dijadikan satu rumpun yang kuat dan bisa digunakan.
Bahan-bahan tumbuhan yang bisa dianyam ialah lidi, rotan, bambu, akar, buluh, pandan, mengkuang, dan sebagainya. Bahan ini biasanya mudah dikeringkan dan lembut.
Beberapa contoh kerajinan budaya lokal dalam bentuk anyaman adalah sebagai berikut.
  1. Anyaman rotan, seperti tikar, tempat ayunan anak, dan bakul.
  2. Anyaman daun pandan, seperti hiasan dinding.
  3. Anyaman daun mengkuang, seperti tikar dan tujung saji.
3. Kerajinan Batik
Batik merupakan kain khas Indonesia dengan motif tertentu yang pembuatannya dilakukan secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu.
Motif batik sendiri merupakan corak atau pola yang menjadi kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis dan bentuk menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan.
Corak ragam batik umumnya mengandung makna dan filosofi dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang di Indonesia.
Salah satu contoh kerajinan budaya lokal dalam bentuk batik adalah batik buketan dan batik tiga negeri asal Pekalongan. Selain itu, batik juga saat ini sudah mengalami perkembangan mulai dari motif, warna, dan lainnya agar lebih disukai anak muda.

Sumber : kumparan.com

0 comments: