4 Fakta Unik Soal Makanan Khas Korea Selatan

Jumat, Januari 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Annyeonghaseyo! Zaman sekarang, siapa yang masih asing dengan ragam kuliner atau makanan khas Korea Selatan? Mulai dari produk makanan dan minuman instan, hidangan panggang khas Korea, hingga jajanan street-food yang tidak jarang membuat kita yang jauh ini ngiler.
Beragam menu bahkan sempat naik daun. Hal itu terkait beberapa menu makanan tersebut yang sering muncul di serial drama Korea favorit masyarakat, tak terkecuali di Indonesia.
Nah, tahukah kamu, di balik lezatnya makanan tersebut terdapat cerita unik yang mencerminkan budaya dan tradisi masyarakat Korea Selatan. Berikut beberapa fakta unik soal makanan Korea Selatan.

Santap Ramyeon Hangat di Atas Tutup Panci

Berbeda dengan orang Indonesia ketika menyantap mi instan, masyarakat Korea Selatan menyajikan ramyeon dengan cara yang unik. Buat kamu yang akrab dengan serial drama Korea, pasti sering lihat cara memakan ramyeon dengan menaruhnya di atas tutup panci, ketimbang piring atau mangkuk.
Ternyata, cara ini dilakukan agar hidangan ramyeon yang hendak disantap bisa terjaga kehangatannya karena tutup panci yang panas.

Tteokbokki


Yup, tteokbokki merupakan jajanan khas Korea yang terbuat dari olahan kue beras atau ‘tteok’ bertekstur kenyal dan dicampur dengan saus cabai merah dengan rasa manis, pedas, dan gurih dari saus gochujang. Tteokbokki jadi salah satu jajanan khas Korea yang kini sudah dijual di mana-mana, bahkan dalam bentuk instan pun ada.
Ternyata, sebelumnya tteokbokki merupakan hidangan mewah yang hanya disajikan di lingkungan kerajaan saja, loh! Bahkan, di kota Daegu sampai ada Museum Tteokbokki karena hidangan ini sangat bersejarah.
Nah, seiring berjalannya waktu, tteokbokki akhirnya bisa juga disantap oleh masyarakat sipil karena tersedia di sepanjang jalan dalam bentuk warung kaki lima. Wah, beruntung ya kita kini bisa dengan mudah menikmati tteokbokki!

Odeng dan Oden

Kamu pasti pernah mencoba atau setidaknya mendengar makanan Korea bernama odeng. Mungkin tak sedikit dari kamu juga kerap menyebut odeng dengan sebutan oden.
Well, faktanya odeng dan oden itu ternyata berbeda. Sering disebut sebagai fish cake, odeng dapat kamu temui di banyak kaki lima apabila berkunjung ke Korea Selatan. Terbuat dari lembaran olahan ikan, hidangan ini memiliki rasa gurih dan disajikan dengan tusukan panjang dan besar.

Corn Dog

Di Korea Selatan, alih-alih menggunakan tepung jagung, corn dog dibuat dengan menggunakan tepung beras dan air. Berisi sosis dan keju, corn dog di Korea juga kerap dipadukan dengan kentang goreng atau mi agar semakin nikmat.
Lebih asyik lagi, di Gildak tersedia berbagai varian corn dog, mulai dari HanGang Corn Dog Cadburry yang manis, HanGang Potato Corn Dog yang gurih, hingga HanGang Crunchy Noodle Corn Dog yang renyah. (daa)

Sumber : kumparan.com

0 comments: