5 Pemain Timnas Indonesia yang Ditaksir Klub Luar Negeri

Sabtu, Januari 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ricky Kambuaya menyatakan siap bermain di luar negeri. (ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)

Selepas Piala AFF 2020 (2021) sejumlah pemain Timnas Indonesia dirumorkan ditaksir klub-klub luar negeri. Berikut lima pemain yang dikabarkan diminati klub asing.
Penampilan Timnas Indonesia yang impresif selama Piala AFF 2020 mengundang peluang. Beberapa klub dari Korea Selatan dan Thailand disebut-sebut meminati pemain Timnas Indonesia yang punya kualitas individu bagus.

Selain kualitas pribadi ada potensi bisnis yang besar dari perekrutan pemain Indonesia. Pemain Indonesia bisa menjadi komoditi di media sosial, dan itu telah terbukti.


Egy Maulana Vikri bersama FK Senika di Slovakia dan Asnawi Mangkualam Bahar dengan Ansan Greeners di Korea Selatan contohnya. Dua pemain ini membawa dampak positif bagi klub masing-masing.

Berikut ini adalah lima klub yang rumornya sedang didekati klub-klub luar negeri. Mereka ini umumnya masih terikat kontrak dengan klub kasta teringgi Liga 1 2021/2022.

1. Pratama Arhan

Bek sayap kiri PSIS Semarang ini tampil impresif dan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020 (2021). Hal ini membuat Arhan jadi pujaan baru suporter Timnas Indonesia.

Pengikut media sosial Arhan pun meningkat tajam. Bahkan kini jumlah pengikut Arhan melampaui Egy. Hingga Jumat (7/1) sore, followers Arhan di Instagram mencapai lebih dari 2,6 juta. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi klub yang akan merekrutnya.


Pemain yang ditangani agen Dusan Bogdanovic ini kabarnya diminati klub Korea Selatan. Namun tak menutup kemungkinan Arhan akan diarahkan main di Eropa, utamanya di Eropa Timur.

2. Alfeandra Dewangga

Sama seperti Arhan, Alfeandra Dewangga juga disebut-sebut sedang didekati klub Korea Selatan. Selain itu ada klub Malaysia dan Thailand yang kabarnya juga tertarik menggunakan jasanya.

Dewangga merupakan seorang bek tengah. Meski begitu pemain 20 tahun ini bisa pula bermain sebagai bek sayap dan gelandang serang. Kemampuannya ini telah terbukti selama Piala AFF 2020.

Mengenai kans tampil di luar negeri, pemain PSIS ini sangat tertarik. Untuk ini ia menyerahkan sepenuhnya ke agen dan klub. Ia percaya masa depan baik akan datang lewat kerja keras.

Marselino Ferdinan diminati sejumlah klub asing. (ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)

3. Ricky Kambuaya
Pemain Timnas Indonesia lainnya yang tampil tak kalah impresif di Piala AFF adalah Ricky Kambuaya. Pemain Persebaya asal Papua ini jadi pemain yang paling dipercaya Shin Tae Yong.

Ricky mendapat menit tampil paling banyak dibanding pemain Timnas Indonesia lainnya, termasuk dari Witan Sulaeman dan Nadeo Argawinata. Hal ini menjadi tolok ukur kualitas pemain 25 tahun itu.

Namun tak seperti Arhan yang dikabarkan didekati klub Korea Selatan, klub yang meminati Ricky masih abu-abu. Hanya saja santer terdengar sedang mendekati adalah klub Thailand.

4. Rizky Ridho

Bek muda Timnas Indonesia Rizky Ridho juga disebut-sebut sedang didekati klub luar negeri. Pemain yang ditangani agen Dusan Bogdanovic ini sedang coba ditawarkan dan dipasarkan.


Meski masih 20 tahun, Ridho sudah bisa menembus skuad inti Timnas Indonesia. Bahkan Ridho lebih dipercaya Shin Tae Yong tampil di Piala AFF 2020 ketimbang Elkan Baggott.

Mengenai klub mana yang meminati Ridho, hingga kini masih abu-abu. Jika mengacu kiprah Dusan Bogdanovic kemungkinan besar Ridho akan ditawarkan ke klub Eropa, utamanya Eropa Timur.

5. Marselino Ferdinan

Pemain 17 tahun ini memang tidak masuk skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, tetapi masuk skuad Timnas U-23. Marselino tampil dua kali membela Garuda Muda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Ia juga menjadi salah satu pemain muda yang jam terbangnya di Liga 1 2021/2022 cukup tinggi. Marselino sudah tampil 12 kali bersama Persebaya dan mengoleksi tiga gol dan assist.

Pemain yang disebutkan media Inggris The Guardian sebagai 100 pemain muda bertalenta 2021 ini kabarnya diminati klub Asia Timur dan Asia Tenggara. Ada kans pula ia mencicipi kompetisi Eropa.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: