5 Tips Kelola Gaji yang Lebih Besar dari Suami, Siapa Tahu Butuh

Sabtu, Januari 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi tips kelola keuangan; Foto: dok. detikcom


Tak sedikit istri yang memilih menjadi wanita karier ketimbang ibu rumah tangga setelah menikah. Nah, bisa saja gaji istri lebih besar daripada penghasilan suami. Apa saja tips dalam menghadapi situasi tersebut?

Menurut financial planner, Putri Madarina, memiliki gaji yang lebih besar dari suami menjadi tantangan tersendiri. Namun, istri dinilai tetap harus bisa menempatkan diri agar suami tak kehilangan wibawa.

"Ketika kita punya pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan suami, itu juga tantangan tersendiri untuk kita untuk tetap bisa menempatkan diri supaya suami itu juga punya wibawa. Wibawanya tidak terganggu," katanya dikutip detikcom dari HaiBunda, Kamis (6/1/2022).

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membicarakan keuangan saat bersama dengan suami. Salah satunya adalah dengan gaya bicara yang tidak menyombongkan diri.

"Dengan cara-cara penyampaian yang tidak menyombongkan diri, dan kita tetap butuh dengan income yang diberikan oleh suami berapapun jumlahnya. Dan kita menghargai hasil jerih payah yang dilakukan oleh pasangan kita," jelasnya.

1. Perhatikan pendapat suami
Putri menjelaskan uang yabng didapatkan seorang istri sejatinya milik dirinya seorang. Namun, tetap harus memperhatikan pendapat suami saat ingin berbelanja.
"Apabila gaji Bunda lebih besar dari suami, ketika kita berbelanja atau rewarding our self, kita tetap memperhatikan pendapat suami," paparnya.

2. Cari waktu yang tepat
Saat ingin membeli sesuatu yang harganya sangat mahal atau berkali-kali lipat, mungkin bisa mengurungkan waktu terlebih dahulu, nih. Putri juga menyarankan mencari waktu yang lebih tepat untuk membeli barang tersebut.

"Misalnya suami kita dalam keadaan yang cukup sulit, misalnya bisnisnya atau keadaan kantor yang berdampak pada keuangan. Nah, di satu sisi kita punya pendapatan yang cukup fleksibel untuk melakukan self reward. Itu juga perlu diperhatikan," jelasnya.

"Misalnya saya mau beli tas baru yang harganya tiga kali gaji suami. Itu mungkin saya akan mengurungkan niat, atau mencari waktu yang tepat, momen yang tetap, hingga mood suami itu sedang dalam keadaan yang baik," sambung Putri.


Sumber : detik.com

0 comments: