7 Tempat Wisata Indonesia Ini Bikin Kamu Serasa di Luar Negeri

Kamis, Januari 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



KOMPAS.com - Jalan-jalan ke luar negeri adalah impian bagi banyak orang. Namun selain waktu yang tepat, tentu perlu perencanaan anggaran yang cukup besar untuk mewujudkannya. 

Nah, sebagai opsi alternatif, kamu bisa berkunjung ke sejumlah destinasi domestik yang suasananya persis seperti di luar negeri. 

Sebanyak 7 destinasi wisata ala luar negeri berikut ini layak banget untuk dikunjungi, di antaranya adalah:

1. Nepal Van Java 
Nepal van Java atau Nepal dari Jawa merupakan julukan dari Dusun Butuh, yang ada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Julukan ini disematkan kepada Dusun Butuh karena letaknya yang berada di lereng Gunung Sumbing. 

Hal itu membuat perumahan penduduk tampak bertumpuk, sehingga seolah mirip dengan Negara Nepal. Kamu akan dibuat takjub dengan panorama alam khas pedesaan dan pemandangan kokoh Gunung Sumbing.

2. The Great Asia Afrika 
Lembang The Great Asia Afrika Lembang yang berlokasi di Jalan Raya Lembang-Bandung nomor 71, Lembang ini menawarkan sensasi mengelilingi tujuh negara yang ada di benua Asia Afrika

Pengunjung dapat melihat sejumlah landmark terkenal yang ada di Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, hingga negara-negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah. 

Ada pula suguhan kuliner-kuliner unik yang bisa kamu coba, seperti sate khas Afrika yang dihidangkan bersama potongan buah pisang. 

Menariknya lagi, pengunjung bisa berfoto dan menyewa pakaian tradisional dari masing-masing negara yang ada di The Great Asia Afrika ini.

3. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri
Monumen setinggi 25 meter ini memiliki luas bangunan 804 meter persegi dengan gaya arsitektur mirip L’Arch D’ Triomphe di Perancis.

Jika L'Arch D'Triomphe melambangkan kejayaan dan kemakmuran bangsa dan negara Perancis, maka di Monumen Kediri ini terpahat relief tentang sejarah Kediri, berikut seni dan budayanya. 

Di tiap sudut monumen, pengunjung bisa menemukan empat patung yang menyerupai arca Ganesha, dewa yang memiliki kecerdasan dan kebijaksanaan, sehingga mampu menyelesaikan segala rintangan. 

4. Brown Canyon
Semarang Kota Semarang punya tempat yang mirip dengan destinasi Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat, yaitu Brown Canyon. Tak pelu jauh ke Amerika Serikat (AS) untuk melihat tebing curam yang indah.

Semarang juga punya tempat serupa dengan nama Brown Canyon yang terletak di Rawosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. 

Siapa sangka, Brown Canyon yang dulunya adalah lokasi galian pertambangan, kini menjadi destinasi wisata alam di Semarang.

5. Naik perahu ala Venesia di Dusun Semilir 
Kalau kepo akan sensasi naik perahu di Kota Venesia, coba lah berkunjung ke Dusun Semilir Eco Park, yang berlokasi di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dengan setting khas perkotaan Eropa, pengunjung akan diajak menikmati nuansa kota-kota unik di berbagai negara, dalam satu lokasi yang sama. 

Mulai dari mencoba pakaian tradisional ala masyarakat Eropa, naik trem atau kereta mini dengan pemandangan rumah-rumah di Venesia, rumah-rumah Santorini di Yunani, pedesaan Perancis, rumah-rumah di Maroko, hingga Barcelona, bisa ditemukan di tempat wisata ini.

6. Patung Yesus Buntu Burake
Toraja Patung Yesus yang terletak di puncak bukit Buntu Burake, Sangala, Makale, Toraja, tak kalah megah dengan patung yang ada di Kota Rio de Janeiro, Brasil.

Dengan ketinggian sekitar 52,5 meter, patung ini disebut-sebut sebagai patung Yesus tertinggi di dunia. Saat berada di kawasan Patung Yesus Buntu Burake, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Makale dan keindahan alam yang menakjubkan. 

7. Replika Pagoda Shwedagon nan Megah di Berastagi 
Pagoda emas yang ada di Taman Alam Lumbini, Berastagi ini merupakan pagoda tertinggi kedua setelah yang ada di Myanmar. Bahkan, pagoda ini jadi yang tertinggi di Indonesia, sehingga meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sama seperti Pagoda Shwedagon di Myanmar, pagoda ini juga menyimpan berbagai peninggalan Sang Buddha, Arahat, dan ribuan Patung Buddha dari berbagai negara. Dengan desain yang didominasi oleh warna emas, pengunjung serasa dibawa langsung bertandang ke lokasi pagoda aslinya.

Sumber : kompas.com

0 comments: