Bisnis Ternak Sugar Glider, Mahasiswa Ini Raup Omzet hingga Puluhan Juta

Rabu, Januari 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

PADANG – Beternak hewan peliharaan menjadi usaha menjanjikan di masa pandemi Covid-19 saat ini. Seperti yang dijalani seorang mahasiswa di Kota Padang, Sumatera Barat bernama Azmi Fadli ini, bisa meraup omzet hingga puluhan juta rupiah lewat bisnis ternak sugar glider.

Sugar glider atau bahasa Latin bernama petaurus breviceps ini dikenal memiliki selaput yang memanjang di antara kaki depan dan belakang.

Karena memiliki penampilan dan kebiasaan yang sangat mirip, hewan ini kerap dianggap sebagai tupai terbang. Padahal, keduanya spesies yang berbeda.

Melalui tangan dingin Azmi Fadli, seorang mahasiswa di salah satu universitas negeri di Kota Padang ini, beternak sugar glider di masa pandemi bisa menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Hanya dengan memanfaatkan ruang kosong di teras rumahnya di daerah Asrama Brimob Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, pria yang akrap disapa Azmi ini memelihara hingga 90 ekor sugar glider dari berbagai jenis.

Di sela kesibukannya sebagai mahasiswa, Azmi dengan telaten mengurus hewan-hewan lucu berkantong ini. Mulai dari melatihnya melompat, memotong kukunya, dan mengajaknya bermain.

Ia menjelaskan, usaha ini berawal dari hobinya memelihara hewan unik, yang kemudian berkembang menjadi bisnis hingga beromzet puluhan juta rupiah per bulan. Itu karena banyaknya permintaan di masa pandemic.

Sugar glider ternakan Azmi dijual mulai dari harga Rp500 ribu hingga Rp5 juta per ekor, tergantung jenis dan karakter hewan lucu ini. 

Sumber :

0 comments: