Deretan Maskawin Unik: Dari Saham, Ikan Cupang hingga Bitcoin

Sabtu, Januari 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Saat ini sepertinya pengantin semakin kreatif dalam memberikan mas kawin. Mulai dari saham, ikan cupang, hingga yang terbaru Bitcoin dijadikan mas kawin.
Berikut daftar mas kawin unik menurut catatan pemberitaan detikcom:

1. Ikan Cupang

Sekitar Desember 2020, sempat ramai di dunia maya ada pengantin pria yang menikahi pujaan hatinya dengan mahar ikan cupang. Aksi itu viral berawal dari postingan @infobekasi.coo.

"Sepasang ikan Cupang jadi mahar. Pertama di Bekasi. Mahar itu gak perlu mahal-mahal. Yang penting si mempelai wanita ridho. Layak jadi inspirasi bagi yang sulit cari mahar. Video Bekasitizens @cupanglurah.id_ #infobekasico," tulis keterangan Instagram @infobekasi.coo.

Dalam video yang diunggah tersebut terdengar, pada saat ijab kabul, wali nikah wanita mengucapkan jika maharnya berupa ikan cupang. Selain itu ada juga perhiasan emas dan uang tunai sebagai mas kawin.

2. Saham

Meski sudah banyak yang menjadikannya mas kawin, tetap saja saham hal yang tidak lumrah untuk dijadikan mas kawin. Salah satu pengantin pria yang pernah menjadikan saham sebagai mas kawin adalah Alit Prajatama.

Pria yang menikahi pasangannya dengan adat bali itu memberikan mas kawin itu pada 17 September yang lalu dengan menggunakan adat bali. Dia memberikan mahar pernikahan berupa 25.000 lembar saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Saham senilai 250 lot itu digunakan untuk menikahi istrinya, Kadek Nopi Margareni.

Menikah dengan adat Bali, Alit Prajatama sebenarnya tidak diwajibkan memberikan mahar kepada sang istri. Alit menjelaskan, dalam adat Bali, hanya terdapat upacara 'Metipat Bantal'.

Metipat Bantal dilakukan sebagai simbolis penyambung antara keluarga pengantin pria dan wanita. Dalam hal ini, Alit mengaku sudah menyelesaikan seluruh prosedur adat pernikahan.

3. Bitcoin

Nah yang terbaru adalah Bitcoin. Pasangan Jordan Simanjuntak dan Johana Dwi Utami sepakat untuk menjadikan aset kripto itu sebagai simbol pengikat cinta mereka dalam mahligai rumah tangga.

Momen tersebut diwujudkan dalam acara pernikahan mereka yang digelar pada 11 Desember 2021 (11-12-2021) lalu di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Adapun jumlah Bitcoin (BTC) yang dijadikan mahar disesuaikan dengan tanggal pernikahan mereka, yakni 1,11122021 BTC atau setara Rp 719 juta (dengan nilai Bitcoin pada 11 Desember 2021 kemarin mencapai Rp 712 juta/BTC)

Menariknya, sang mempelai pria menyebutkan, dirinya telah mengakumulasi Bitcoin sebagai sarana investasi sejak awal 2019.332


Sumber : detik.com

0 comments: