Jangan Sepelekan Uang Receh, 7 Uang Koin Ini Ternyata Bernilai Fantastis

Rabu, Januari 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Liputan6.com, Jakarta Uang koin mungkin sering diremehkan karena nominalnya yang terbilang cukup kecil. Padahal di balik itu, uang tersebut ada yang sangat berharga bahkan lebih dari harga emas.

Salah satunya uang yang tampak biasa tapi memang layak dimiliki oleh seorang pria bernama Don Lutes. Koin itu adalah Bronze Licoln sen tahun 1943.

Koin tersebut menarik perhatian karena banyak yang menawarnya. Menurut Heritage Auctions, akhirnya uang tersebut dilaporkan telah terjual dengan harga USD 204.000 atau setara Rp 2,9 miliar pada Januari.

“Lutes yang saat itu berusia 16 tahun menerima uang receh berwarna tembaga di kantin sekolah menengahnya pada tahun 1947,” tutur David Stone pelelang di Heritage Auction seperti melansir laman CNBC, Rabu (12/1/2022).

Di samping itu, Lutes diketahui telah menyimpan koin tersebut sampai kematiannya pada tahun 2018. Ketika masih sakit, dia sudah menyerahkannya ke Heritage.

Selanjutnya menurut usaha lelang yang berbasis di Dallas itu, hasil penjualan tersebut kemudian disalurkan ke Berkshire Athenaeum di kampung halamannya di Pittsfield, Massachusetts.

Koin yang Banyak Diburu

“Koin layak satu sen telah ada sejak awal sistem moneter AS. Beberapa prototipe sen diproduksi pada tahun 1792, termasuk sen Birch yang besar,” kata Stone.

Bagi yang belum tahu, Birch sen itu paling terkenal dan telah muncul sejak 1792. Sebelumnya, koin tersebut telah terjual di Heritage pada tahun 2015.

Harganya mencapai miliaran dolar, tepatnya USD 2,6 juta. Hal itu menjadikan barang tersebut termasuk ke dalam koin termahal untuk sepotong satu sen yang dilelang. Sekadar informasi, nilai satu sennya itu tergantung pada kualitas dan kelangkaannya.

Selain itu, ada pula koin lainnya yang bernilai tinggi ketika sudah dilelang, berikut rangkumannya.

1. 1943 Bronze Lincoln

Hanya segelintir uang perunggu yang telah ditemukan, salah satunya milik Lutes. “Lincoln sen paling berharga dijual secara pribadi pada 2010 seharga USD 1,7 juta,” ujar Stone.

Lalu Stone menjelaskan bahwa untuk tembaga dalam upaya perang, US Mint kemudian beralih membuat uang dari planchet baja berlapis seng. Jadi, bukan dari koin perunggu biasa.

Dalam perkiraannya Stone mengatakan, saat ini mungkin ada 15 hingga 20 pengumpul. Namun, pasti ada beberapa kolektor lagi yang belum terhitung.

“Misalnya seperti koin Lutes, bisa dijual sekitar USD 150.000 hingga 200.000. Kemudian Heritage melelang lagi yang serupa, tapi dengan kualitas yang sedikit lebih rendah untuk USD 186.000 di awal bulan ini,” katanya.

2. 1969-S Doubled Die Obverse

Salah satu ahli koin di The Spruce Carfts James Bucki mengatakan, ganda dibuat dan kemudian menyebabkan beberapa ketidaksejajaran. Dibuatnya penggandaan tersebut karena kesalahan dalam proses pencetakan.

Penggandaan koin Doubled Die Obverse 1969-S dilakukan untuk menonjolkan kata-kata “LIBERTY” dan “IN GOD WE TRUST,” katanya. Selain itu, juga huruf “S” tepat di bawah tahun 1969, yang berarti dibuat di San Francisco Mint.

Bucki memperkirakan bahwa ada sekitar 1.000 atau bahkan kurang dari itu telah dibuat sebelum Mint menemukan kesalahannya. Selain itu, dalam kondisi baik atau masih baru koin ini bisa berharga sekitar USD 75.000.

3. 1992 Tutup AM Reverse

Kebanyakan sen yang dicetak tahun tersebut memiliki spasi yang jelas antara huruf-huruf. Stone menjelaskan, “Close AM 1992, kaki 'A' dan kaki kiri 'M' di kata 'AMERIKA'Dari kanan.”

Hal tersebut terjadi sekitar tahun 1990 dan awal 2000-an, Mint menggunakan beton yang berbeda untuk memproduksi koin. Bucki menjelaskan bahwa produksi koin tersebut digunakan untuk sirkulasi dan bukti bagi para kolektor.

Akan tetapi, karena adanya kesalahan, beton bukti itu akhirnya tahun 1993. Di sampin itu, kemungkinan pula keseluruhan mulai yang dibangun sekitar 250.000 sen dibuat dengan cara ini, katanya. Hal itu membuat koin ini lebih mudah ditemukan dibanding koin Doubled Die 1969.

4. 1972 Doubled Die Observe

Mirip dengan Doubled Die 1969, beton pada sen ini sangat menonjol di kata-kata “LIBERTY” dan “IN GOD WE TRUST”, kata Stone.

Bucki memperkirakan bahwa setidaknya ada 250.000 koin yang dijual. “Saya kenal beberapa orang yang memilikinya.”

Sementara itu, Bucki juga mengungkapkan bahwa harga yang mungkin berkisar USD 100. Sementara yang lebih bersih bisa berharga USD 500.

5. 1995 Doubled Die Amati

Meskipun penggandaan pada koin ini tidak begitu menonjol seperti koin Doubled Die 1972, Bucki mengatakan bahwa hal itu cukup terlihat. Dia mengatakan, terutama pada kata “LIBERTY”, tepatnya huruf “B”.

“Ini adalah salah satu sen berharga yang paling mudah ditemukan. Aku sendiri sudah menemukan,” katanya.

Batu mengungkapkan, bila koin ini ditemukan dalam kondisi baik itu dapat mencapai harga hingga usd 45.

6. 1999 Wide AM Reserve

Wide AM 1999 adalah kebalikan dari Close AM 1992. Jadi, koin ini diperkirakan bisa menembus harga USD 500 bila dalam keadaan baru. Akan tetapi, koin ini juga bisa untuk USD 45 jika kondisinya bekas.

7. 1983 Double Die Reverse

Tulisan pada koin ini sekilas mungkin terlihat ganda. “Terutama dalam kata-kata 'ONE CENT' dan 'E PLURIBUS UNUM'. Itu terlihat ganda, ”kata Bucki

Lebih lanjut Bucki mengatakan bahwa koin ini mungkin dicetak sekitar 250.000. Sementara untuk harganya, koin bekas bisa dijual seharga USD 75 atau bahkan kurang. Sedangkan untuk koin yang masih dalam kondisi baik bisa dijual sekitar USD 200.

Sumber : liputan6

0 comments: