Kebakaran Kamp Rohingya di Bangladesh, 1.200 Rumah Hangus

Senin, Januari 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Sekitar 1.200 rumah penampungan hangus akibat kebakaran yang melalap kawasan kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh, Cox's Bazar, pada Minggu (9/1). (Reuters/Stringer)

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekitar 1.200 rumah penampungan hangus akibat kebakaran yang melalap kawasan kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh, Cox's Bazar, pada Minggu (9/1).
"Sekitar 1.200 rumah hangus terbakar," ujar Kamran Hossain, juru bicara Batalion Kepolisian Bersenjata yang mengawasi kamp pengungsi tersebut, sebagaimana dilansir AFP.


Kamran menjelaskan bahwa kebakaran awalnya terjadi di Kamp 16, kemudian dengan cepat menjalar karena sejumlah tempat penampungan terbuat dari bambu.

"Kebakaran terjadi pada 16.40 dan baru bisa dipadamkan sekitar 18.30," ucap Hossain.

Seorang pengungsi, Abdur Rashid, bercerita bahwa api sangat besar. Ia pun langsung lari meninggalkan rumahnya yang hangus seketika.

"Semua yang ada di dalam rumah saya hangus. Bayi dan istri saya sudah keluar. Masih banyak benda di dalam rumah. Saya menabung uang 30 ribu taka dari hasil bekerja sebagai buruh dan uang itu juga terbakar," tutur Rashid.

Ia kemudian berkata, "Saya sekarang hanya beratapkan langit. Saya kehilangan mimpi saya."

Rashid bukan satu-satunya pengungsi yang kehilangan tempat berlindung. Sekitar 5.000 pengungsi juga tak punya tempat tinggal akibat kebakaran ini.

Seorang pengungsi lainnya, Mohammad Yasin, mengeluh karena alat penyelamatan di kamp tersebut sangat kurang.

"Kebakaran sangat sering terjadi. Tak ada yang bisa kami lakukan untuk memadamkannya. Tak ada air. Rumah saya hangus. Banyak dokumen, yang saya bawa dari Myanmar, juga terbakar," katanya.

Kebakaran memang kerap terjadi di kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh. Pada Maret tahun lalu, setidaknya 15 orang tewas dan 50 ribu pengungsi lainnya kehilangan tempat berlindung akibat kebakaran.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: