Kepulauan Selayar Tawarkan 10 Destinasi Wisata Bahari yang Memukau

Kamis, Januari 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

TEMPO.COJakarta - Kepulauan Selayar adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata bahari menakjubkan. Hamparan laut yang birubdan pasir putih mudah ditemukan di kabupaten kepulauan di Sulawesi Selatan itu.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar pun akan mengembangkan 10 potensi wisata bahari dengan mengedepankan kearifan lokal. "Kesepuluh destinasi wisata tersebut memiliki keunikan tersendiri yang sangat cocok untuk diving, snorkling, berenang ataupun memancing," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar Sri Nurnaningsih.

Kesepuluh destinasi wisata bahari itu adalah Takabonerate, Pulau Bahuluang, Kawasan Pasi Gusung, Pantai Baloiya, Pantai Punagaan, Pantai Pinang, Pantai Bonetappalang, Pantai Pa'badilang, Pantai Tamamelong dan Karang Indah.

Takabonerate misalnya, menawarkan wiaata bahari yang memukau di taman lautnya. Taman laut ini berada di antara gugusan pulau karang atau atol, maka tak heran pemandangan bawah laut di sana sangat istimewa.

Pulau Bahuluang juga tak kalah menarik. Pulau itu merupakan patahan karang yang terbawa arus lalu membentuk daratan kecil di lautan. Di sana, wisatawan dapat menikmati indahnya panorama alam dengan gugusan batu dan pasir putih.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar Dewi Marwiyah mengatakan selain potensi bahari, kabupaten memiliki potensi budaya, tradisi, sejarah dan desa wisata yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. "Setelah adaptasi normal baru, destinasi wisata kembali dipromosikan untuk dikunjungi lagi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Dengan mengaktifkan kembali destinasi wisata Kepulauan Selayar, kata Dewi, diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi, setelah pada awal pandemi Covid-19 destinasi wisata sempat ditutup.

Sumber : Tempo

0 comments: