Konsumsi 5 Buah Ini untuk Lancarkan BAB yang Macet

Selasa, Januari 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Saat pencernaan tak lancar, makanan tinggi serat menjadi jawabannya. Lima buah ini menjadi yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi saat BAB tak lancar.
Buang air besar (BAB) yang lancar menjadi tanda saluran pencernaan bekerja dengan baik. Ketika ada sesuatu hal yang tak benar, gangguan pada saluran pencernaan seringkali menunjukkan gejala kesulitan buang air besar.

Biasanya ketika tidak mengonsumsi makanan yang cukup sehat atau kekurangan serat, gejala kesulitan buang air besar akan semakin parah. Ketika mulai mengalami gejala tersebut sebaiknya kamu mulai memepertimbangkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan makanan tinggi serat lainnya.


Dari sekian banyak jenis buah, ada beberapa buah tinggi serat yang direkomendasikan ahli untuk memperlancar pencernaan. Buah-buahan yang direkomendasikan ini juga cukup mudah ditemukan dan tersedia banyak di Indonesia.

Berikut ini 5 buah yahg direkomendasikan untuk melancarkan BAB menurut Eating Well (7/1):


1. Pir
Sebuah pir sedang berukuran 187 gram dikatakan mengandung 5,52 gram serat. Mengonsumsi hanya satu buah pir dalam sehari dikatakan para ahli mampu memenuhi hingga 22% kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Pir mengandung jenis serat larut maupun serat tak larut yang keduanya memiliki peran sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dan fungsinya berjalan normal. Konsumsi buah pir secara rutin juga dianggap sebagai obat laksatif atau pelancar buang air besar secara alami yang cukup ampuh.

2. Buah Naga
Buah naga memiliki dua jenis yaitu yang merah dan yang putih. Pada 170 gram buah naga mengandung 5 gram serat yang setara dengan 20% kebutuhan asupan serat harian dan direkomendasikan dikonsumsi pada saat kesulitan buang air besar.

Buah naga sendiri menjadi jenis buah yang sangat mudah untuk dikonsumsi dan diolah. Agar lebih mudah kamu bisa menyajikan buah naga sebagai smoothie bowl pada saat sarapan maupun dimakan dalam bentuk buah potong yang segar.

3. Apel
Pada sebuah apel sedang berukuran 187 gram diketahui mengandung serat hingga 4,37 gram. Kadar serat pada apel ini bahkan telah mampu memenuhi kebutuhan serat harian yang direkomendasikan sebanyak 17%.

Bukan hanya daging buahnya saja, serat yang terkandung pada buah apel juga terletak di bagian kulit buahhya. Di bagian kulit buah apel diungkapkan mengandung
serat tak larut dan pectin yang baik untuk membantu membuang kotoran dari saluran pencernaan.

4. Buah yang Asam

Buah-buahan yang tinggi kandungan asamnya juga dinilai sebagai jenis buah yang cocok dikonsunsi untuk memperlancar buang air besar. Buah-buahan yang asam ini misalnya jeruk atau lemon yang juga tinggi vitamin C.

Pada sebuah jeruk berukuran sedang atau setara dengan 157 gram diungkapkan oleh ahli mampu mengandung 3,7 gram serat. Tak kalah denvan apel, buah yang asam juga mengandung serat larut yang sangat baik bagi pencernaan.

5. Kiwi
Kiwi menjadi buah penutup di daftar buah-buahan yang tinggi serat. Hal ini membuat kiwi menjadi buah lainnya yang sangat direkomendasikan saat mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar.

Satu buah kiwi berukuran sedang diungkapkan ahli mengandung serat hingga 2,25 gram. Menurut sebuah penelitian, konsumsi dua buah kiwi dalam sehari baik untuk meningkatkan pergerakan usus besar dan mempercepat proses pencernaan makanan.


Sumber : detik.com

0 comments: