Mahalnya Spirit Doll, Boneka yang Lagi Tren Diadopsi Para Artis

Kamis, Januari 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta, IDN Times
 - Boneka arwah alias spirit doll menjadi tren dalam beberapa hari
terakhir. Bermula dari beberapa selebriti Indonesia yang 'mengadopsi' boneka tersebut, hingga banyak masyarakat yang meyakini boneka tersebut bisa membawa kesuksesan.

IDN Times mencoba menelusuri harga spirit doll ini di berbagai marketplace baik dalam negeri menggunakan kata kunci "spirit doll", berikut rincian harga dan jenisnya.

1. Di marketplace Indonesia di jual dengan kisaran Rp3 jutaan

Di Lazada misalnya, spirit doll Yurika Planet Cakra Bali ukuran 6 inci dibanderol Rp488 ribu. Boneka ini merupakan yang paling murah di Lazada. Lalu ada Reborn Silikon Spirit Dill Lukthep Planet Cakra Bali BW 306 dengan tinggi 25 cm yang dijual dengan harga Rp800 ribu.

Sementara yang paling mahal di Lazada adalah spirit doll Anak Lelaki Baby Boy Reborn Lukthep Planet Cakra Bali BA 302. Dengan tinggi 50 cm, boneka itu dijual dengan harga Rp3,33 juta.

Adapun di Tokopedia dijual seharga Rp2,3 juta untuk jenis spirit doll cewek Limited dengan ukuran 40cm.

2. Spirit doll di marketplace luar negeri

Sementara di situs Etsy, Kirsty - Talkative, Happy and Active - HAUNTED DOLL menjadi salah satu yang paling laris dengan 98 ulasan. Boneka ini dijual dengan harga Rp2,056 juta.

Sementara yang termahal di Etsy adalah Ooak doll Alice. Dengan tinggi 60 cm ini yang dijual hingga Rp15 juta.

3. Sempat populer dan dilarang di Thailand

Diberitakan sebelumnya, spirit doll pertama muncul di Thailand dan juga dipopulerkan oleh selebritis negara itu. Saking ramainya orang yang merawat boneka saat itu, para penguasa militer konservatif kerajaan dibuat cemas.

Di Thailand, boneka ini dikenal sebagai “luuk thep” yang berarti malaikat anak. Boneka ini juga terkenal mahal, di mana harganya bisa mencapai 600 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp8 jutaan (kurs Rp14 ribu per dolar AS).

BBC melaporkan bahwa pada 2016 Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha pernah mendesak warga Thailand untuk tidak terbawa oleh tren dan tidak membeli boneka jika mereka tidak mampu membelinya karena harganya yang bisa mencapai puluhan ribu baht.

Sumber : IDNTimes

0 comments: