Melihat Ikan Mas Nyetir Mobil Akuarium di Darat Hasil Eksperimen Unik Peneliti

Rabu, Januari 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kendaraan yang bisa dikemudikan oleh ikan mas. Foto: Shachar Givon/BGU

Sekelompok ilmuwan berhasil mengembangkan kendaraan yang bisa dikemudikan oleh ikan mas. Penelitian aneh ini dilakukan untuk lebih memahami bagaimana ikan mas bernavigasi di lingkungan terestrial.
Eksperimen unik dilakukan oleh tim peneliti dari Ben-Gurion University of the Negev di Israel. Salah satu penelitinya, Ronen Segev, memamerkan 'mobil akuarium' yang dioperasikan oleh si ikan di akun Twitter pribadinya.
Kendaraan tersebut pada dasarnya adalah akuarium plastik yang dipasang pada platform kecil dengan roda, dengan ikan mas mengemudikannya hanya dengan berenang. Mobil akuarium ini disebut fish operated vehicle (FOV).
“Karena ikan terkenal tidak bisa bertahan hidup di luar air, kami harus membuat kapal selam terbalik ini,” kata Shachar Givon, mahasiswa doktoral di Ben-Gurion University of the Negev, seperti dikutip Live Science.
Ada enam ikan mas yang dilatih untuk menjadi sopir FOV dalam studi tersebut. Awalnya, kendaraan dimulai di tengah ruangan.

Givon dan rekan-rekannya kemudian meletakkan kotak karton merah muda di lantai, jauh dari kendaraan. Jika mobil akuarium bergerak melintasi kotak merah muda tersebut, si ikan mas akan menerima hadiah.
Beberapa hari kemudian, kendaraan ikan mas berubah dari berkelok-kelok di sekitar ruangan menjadi melesat langsung ke sasaran.
Setelah tugas ini menjadi sepele bagi si ikan, Givon menempatkan rintangan dan target palsu di arena, sebagai upaya memaksa ikan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan di lingkungannya. Setelah terbiasa dengan fitur tambahan ini, ikan hampir tidak terganggu oleh rintangan.
Jika Anda memasukkan seseorang ke dalam mobil untuk pertama kalinya tanpa memberi tahu mereka apa pun, mereka akan menyadari bahwa apa yang mereka lakukan dengan kemudi penting dengan arah mobil itu berjalan. Hal yang sama berlaku untuk ikan. Ia menyadari ini secara perlahan.
- Shachar Givon, Peneliti Ben-Gurion University of the Negev -
Menurut Givon, penelitian unik ini menunjukkan bahwa ikan mas dapat belajar menavigasi lingkungan yang sama sekali asing, bukan hanya lingkungan tertentu seperti terumbu karang.
Namun, membuat ikan bisa menggerakkan kendaraan dan mempelajari apakah ikan dapat memahami lingkungan di sekitar kendaraan adalah hal yang berbeda. Karena itu ke depannya Givon ingin mengeksplorasi bagaimana ikan belajar navigasi rute yang lebih panjang dalam situasi yang tidak terlalu rumit.
Sumber : detik.com

0 comments: