Menikmati Alam Desa Wisata Sukarame, Bisa Trekking dan Santai di Pantai

Jumat, Januari 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Desa Wisata Sukarame menjadi salah satu desa yang masuk dalam daftar pemenang ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021. Terletak di Pandeglang, Banten, desa wisata ini berhasil menyabet juara lima kategori desa digital.

Desa Wisata Sukarame memiliki destinasi unggulan, yakni wisata pantai. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati waktu santai di tepi pantai sembari mendengar debur ombak.

Dikutip dari laman resmi Jejaring Desa Wisata Kemenparekraf, Rabu (5/1/2021), selain itu, desa ini juga punya potensi alam lain, mulai dari hutan, air terjun, sungai, persawahan, hingga perkebunan. Salah satu yang menarik adalah desa ini sebagai rehabilitasi terumbu karang yang ada di kecamatan Carita.

Wisata minat khusus, seperti birding tour juga tersedia di Desa Wisata Sukarame. Wisatawan dapat ikut ambil bagian dalam konservasi alam bawah laut.

Untuk penanaman terumbu karang, dibutuhkan pengetahuan khusus. Maka, kelompok konservasi alam bawah laut menyediakan dan memfasilitasi kegiatan ini.

Tujuan aktivitas ini sebagai wisata edukasi untuk mengenak jenis-jenis terumbu karang yang berada di alam bawah laut Desa Wisata Sukarame. Bagi yang tertarik, kegiatan ini dibanderol dengan tarif mulai Rp75 ribu.


Kemah hingga Trekking

Wisatawan juga dapat berkemah dengan biaya mulai dari Rp75 ribu. Atraksi ini guna menumbuhkan jiwa peduli terhadap lingkungan sekita dan menikmati apa yang alam berikan.

Bagi Anda yang suka trekking, desa wisata ini juga menyediakan atraksi ini dengan harga mulai Rp100 ribu. Wisatawan berkesempatan mengunjungi Curug Putri dan Curug Gendang.

Di sana, pelancong dapat berpetualang dan menikmati segarnya udara, beningnya air, dan rimbunnya hutan. Sesekali, satwa liar dan primata Surili dapat wisatawan jumpai dalam perjalanan.


Sajian Khas

Desa Wisata Sukarame memiliki beragam fasilitas yang dapat menunjang aktivitas wisatawan. Desa ini menyediakan areal parkir, balai pertemuan, kafetaria, jungle trekking, kamar mandi umum, kios suvenir, musala, outbound, area swafoto, spot foto, hingga tempat makan.

Selain itu, wisatawan juga dapat ambil bagian dalam kegiatan transplantasi karang. Ini adalah kegiatan wisata yang bertujuan untuk menjaga keberlangsungan hidup biota laut.

Dari segi kuliner, wisatawan dapat mencicip sajian khas Desa Wisata Sukarame. Ada menu ikan bakar dan pecak dalem, sajian lokal Pantai Carita, terutama di Desa Sukarame. Paduan bumbu pecak dalem yang diwarisi turun temurun dan gurihnya santan yang dapat dinikmati serta ikan bakar dengan sambal yang khas seperti, belimbing wuluh dan honje atau kecombrang.



Sumber : liputan6

0 comments: