Pagelaran Budaya Indonesia disambut Antusias Masyarakat Turki di Sakarya

Kamis, Januari 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Dalam sambutannya Gubernur Sakarya Ekrem Yuce mengatakan bahwa Indonesia dan Turki memiliki kedekatan dan hubungan yang baik satu sama lain, “ada pepatah mengatakan bahwa tersenyum ialah kunci dalam mencintai. Malam ini kunci itu ada pada orang-orang Indonesia. Turki dan Indonesia adalah negara sahabat yang baik. Masyarakat Sakarya akan selalu menyambut tamu-tamu dari Indonesia,” ujarnya dalam sambutan dan sekaligus pembukaan acara Muhtesem Endonezya.


Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Sakarya berhasil mengadakan pagelaran budaya bertajuk “Muhtesem Endonezya” Jumat malam (18/12). Pagelaran budaya yang menampilkan berbagai tarian, musik, dan penampilan seni dari seluruh Indonesia ini dibawakan oleh para mahasiswa Indonesia di Kota Sakarya. Acara yang diadakan di Kongre Merkezi Universitas Sakarya ini berhasil mengundang antusiasme warga Turki dan para pelajar internasional lainnya. Dalam acara ini turut hadir instansi-instansi penting di Turki seperti Pemerintah Provinsi Sakarya, Perwakilan Kantor Imigrasi, Musiad, Yedirenk, Kizilay, Pusat Kepemudaan, dan para dosen di Universitas Sakarya.

Selain itu Rektor Universitas Sakarya Prof. Fatih Savasan menyampaikan rasa kekagumannya kepada para mahasiswa Indonesia. “Hingga kini ada hampir 400 mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Sakarya. Perlu dicatat bahwa mereka ini bukan hanya sebagai pelajar di kampus ini, melainkan mereka juga masyarakat di Kota Sakarya,” kata Prof. Fatih dalam sambutannya.

Acara yang berlangsung pukul tujuh malam ini dibuka dengan penampilan fashion show dari beraneka macam pakaian adat dari seluruh Nusantara. Antusiasme masyarakat Turki terlihat dari penuhnya seluruh auditorium yang memadati selama acara berlangsung. Tidak hanya itu mahasiswa Indonesia yang datang berbagai kota juga terkesima dengan meriahnya acara ini. Selanjutnya berbagai penampilan seperti tari Sajojo, tarung sarung, tari kecak, angklung, tari jaipong, tari piring, tari saman, dan tari payung berhasil memukau semua pengunjung yang hadir. Penampilan terakhir Acapella, flash mob, dan penampilan band PPI Sakarya berhasil menutup jalannya acara pada malam itu.

Ketua pelaksana acara Muhtesem Endonezya Ali Fathur memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para panitia, sponsor, dan pihak-pihak terkait atas sukses terlaksananya acara ini “Pagelaran budaya Indonesia ini dirasa sangatlah penting untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini hadir seperti apakah Indonesia itu. Saya berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh panitia yang telah bekerjasama selama ini sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.


Acara Muhtesem Endonezya ialah acara tahunan yang diselenggarakan oleh PPI Sakarya. Tahun lalu acara sempat tidak terlaksana akibat wabah Covid-19, namun tahun ini dibawah nahkoda Nuzul Ahmad PPI Sakarya sukses mengulang kegemilangannya seperti tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan acara ini terus berlanjut tiap tahunnya sebagai upaya memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia luas.


Sumber : kumparan.com

0 comments: