Pebisnis Muda, Ini Tips Memilih Rekan Bisnis agar Bisa Sejalan

Selasa, Januari 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menjalankan bisnis, seringkali kamu berhadapan pada sebuah kondisi yang mensyaratkan untuk berkolaborasi dan menggandeng mitra bisnis.

Mencari mitra bisnis memang gampang-gampang susah. Gampang, karena banyak orang yang pastinya mau diajak kerja sama untuk menraih keuntungan. Namun susahnya, tidak semua orang punya karakter yang bisa sesuai dengan kamu.

Tak cuma itu, chemistry terkadang juga turut mempengaruhi kesuksesan kamu menjalin relasi bisnis dengan rekanmu.

Karena itu, sebelum menentukan mitra yang akan kamu ajak berkolaborasi menjalankan bisnis, ada baiknya kamu mempertimbangakan dulu sejumlah tips berikut:   

1. Punya Passion yang Sama

Sebelum menentukan siapa mitra usaha yang tepat untuk diajak kerja sama, ada baiknya kamu sudah tahu apa passion dari calon mitra bisnismu. Karenanya, coba seleksi para calon mitra bisnis kamu apakah mereka punya passion yang sama dengan kamu.

Jika mereka punya, artinya kamu bisa terhindar dari relasi yang buruk saat kerja sama sedang berjalan.

Misalnya, saat kamu ingin membuka usaha event organiser, kamu harus mencari rekan yang juga punya passion serupa di bisnis tersebut. Demikian juga saat kamu ingin berbisnis kuliner, carilah mitra yang benar-benar punya passion di sektor itu.

2. Memiliki Integritas dan Kejujuran

Menjalankan usaha secara bareng-bareng membutuhkan integritas dan kejujuran dari masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya. Jika tidak, sangat mungkin usaha yang telah dirintis akan berakhir dengan kegagalan karena terjadinya konflik.

Integritas yang dimaksud adalah kemauan untuk terus maju, tidak kenal lelah, dan pantang mundur sebelum target tercapai. Sementara kejujuran adalah tindakan yang tidak curang.

3. Kompeten dan Mumpuni

Hal lain yang perlu kamu perhatikan dari calon mitra adalah mereka memiliki kapabilitas dan kompetensi menjalankan bisnis, sehingga mereka mampu dan trampil menjalankan bidang usaha yang akan dijalankan.

Jika Anda memilih rekanan yang tidak memiliki kompetensi, bukan tidak mungkin usaha yang baru saja dirintis akan berhenti di tengah jalan

4. Mau Bekerja Sama

Inti dari bermitra adalah hubungan yang saling terikat untuk mencapai tujuan bersama. Itu artinya, akan banyak kerja sama yang akan terjadi ke depannya.

Karenanya, kamu harus paham dengan calon mitra yang kamu pilih, apakah dia benar-benar bisa bekerja sama atau hanya pasif saja.

Tak hanya itu, calon mitra juga bersedia mendengarkan berbagai ide kamu sehingga bisnis dijalankan berdasarkan gagasan bersama.

5. Mau Berbagi

Berbagi nilai di sini adalah bagaimana seorang mitra bisa saling berbagi dengan kamu. Tak cuma soal bagi hasil, namun juga berbagi informasi mengenai calon klien, pasar, serta vendor-vendor yang menjadi pendukung dari bisnis kami.

Jika seseorang memiliki komitmen untuk saling berbagai mengenai berbagai hal yang menyangkut bisnis yang dijalankan, pertimbangkanlah dia sebagai calon mitra dalam menjalankan bisnis
Sumber : kompas

0 comments: