Pemain Malaysia Disarankan Tiru Indonesia Bermain di Luar Negeri

Kamis, Januari 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Timnas Malaysia disarankan bermain di luar negeri. (dok. PSSI)

Legenda sepak bola Malaysia, Wan Jamak Wan Hassan, meminta para pemain Malaysia berkarier di luar negeri mengikuti jejak sejumlah pemain dari Timnas Indonesia dan Thailand.
Wan Jamak menganggap kualitas timnas Malaysia tidak berkembang karena hanya sedikit pemain yang berkarier di luar negeri, terutama di Eropa dan negara-negara Asia dengan kompetisi bagus seperti Korea Selatan atau Jepang.


"Kami punya pemain yang terlalu nyaman bermain di Malaysia. Kondisi ini harus berubah, karena kita sudah melihat pemain dari negara lain di Asia Tenggara mampu meningkatkan penampilan karena bermain di luar negeri," ucap Wan Jamak dikutip dari New Straits Times.

Dari 24 pemain timnas Malaysia yang dibawa Tan Cheng Hoe ke Piala AFF 2020, hanya ada dua pemain yang bermain di Eropa, Luqman Hakim Shamsudin dan Dion Cools. Keduanya bermain di Belgia, namun hanya Dion Cools yang langganan starter. Itupun Cools sudah berkarier di Eropa sejak 2013 karena berdarah Belgia-Malaysia.

Selebihnya Malaysia memiliki pemain yang berkarier di Liga Thailand, yakni Dominic Tan (Police Tero) dan Junior Eldstal (Chonburi).

Sementara Indonesia memiliki sejumlah pemain yang menjadi andalan di klub-klub luar negeri, seperti Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners). Selain itu Indonesia juga punya Elkan Baggott yang bermain untuk Ipswich Town dan Syahrian Abimanyu bermain di Johor Darul Ta'zim.

Sedangkan Thailand punya sejumlah pemain yang punya pengalaman bermain di klub asing, seperti Thanawat Suengchitthawon, Chanathip Songkrasin, Theerathon Bunmathan, dan Teerasil Dangda.

"Bermain di luar negeri akan membuat Anda semakin bagus sebagai pemain, karena kepercayaan diri pemain akan berubah. Saya melihat dalam hal talenta, semua pemain di wilayah ini punya kemampuan yang sama, tapi perbedaannya adalah bagaimana si pemain meningkatkan kemampuan ke level selanjutnya," ujar Wan Jamak.

"Jika pemain bermain di luar negeri, mereka akan belajar banyak hal baru, yang akan meningkatkan kemampuan individu dan hal itu akan jadi kunci penting saat bermain bersama tim nasional," ucap mantan pelatih timnas Malaysia itu.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: