10 Makanan Unik yang Jarang Ditemui di Indonesia

Jumat, Februari 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Anda pasti sudah tahu kalau Indonesia memiliki banyak keistimewaan yang terkait dengan budaya, wisata dan tentu saja makanan khas dari penjuru nusantara. Coba bayangkan dari 34 provinsi, terdiri dari berbagai suku, pasti banyak makanan khas dari tiap daerah tersebut. Namun sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman dan banyak bermunculan makanan kekinian, makanan viral, beberapa kuliner khas tersebut hanya ditemui pada saat-saat tertentu misalnya di bulan Ramadhan atau perayaan lainnya. Nah, kali ini ada 10 makanan unik yang jarang ditemui di Indonesia, yang hanya ada pada momen tertentu.

10 Makanan Unik yang Jarang Ditemui

Dari buku Kuliner: Suatu Identitas Ketahanan Pangan Unik, Musa Hubeis dan W Kania Dewi, Atika Mayang Sari (2019:76), perkembangan industri pariwisata berdampak juga pada usaha layanan makanan dan minuman, termasuk makanan tradisional yang unik. Karena dapat dijadikan peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Makanan unik tersebut diolah dan disajikan sedemikian rupa agar bisa dicicipi wisatawan, dengan tetap mempertahankan adat istiadat atau pun kepercayaan-kepercayaan yang mengiringinya.
Apa saja makanan unik yang jarang ditemui sekarang ini di Indonesia? Apakah ada yang berasal dari daerah Anda?
  1. Grontol. Camilan khas Jawa Tengah yang unik, dari jagung manis yang dipipil lalu direbus, kemudian saat akan dimakan, atasnya ditaburi parutan kelapa muda dan gula putih. Makanan unik ini jarang ditemui karena penjualnya sudah berkurang.
  2. Kue rangi. Dulu, sekitar tahun 80 hingga 90-an, kue ini banyak dijual di sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Menjadi salah satu jajanan favorit zaman Sekolah Dasar (SD). Salah satu makanan unik khas Betawi ini terbuat dari campuran tepung kanji dan kelapa parut yang atasnya ditaburi gula merah cair.
  3. Mageli. Penganan unik khas Kalimantan yang hanya dijual pada bulan ramadan. Penganan gurih ini terbuat kacang hijau yang diberi cabai untuk rasa pedas dan gurih, lalu digoreng.
  4. Kerupuk banjur atau juga dikenal sebagai kerupuk mie sambal. Kuliner ini biasanya ditemui pada saat bulan ramadhan di beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ditambah dengan oncom atau lontong isi, makanan unik ini menambah nikmat buka puasa.
  5. Awug. Masih dari daerah Jawa Barat, awug salah satu makanan unik yang jarang ditemui sekarang ini, hanya pada momen tertentu seperti acara syukuran. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa, gula merah dan aroma daun pandan.
  6. Madumongso. Camilan khas Jawa Timur yang terbuat dari ketan hitam.
  7. Clorot, makanan khas Purworejo, Jawa Tengah. Makanan yang terbuat dari tepung beras, dibungkus janur atau daun kelapa yang dibentuk seperti ice cream.
  8. Ampiang dadiah dari Sumatera Barat.
  9. Kue ketawa, camilan khas seperti onde-onde yang ditaburi wijen ini berasal dari Pematangsiantar, Sumatera Utara.
  10. Telok Abang adalah makanan khas Palembang, Sumatera Selatan. (IJS)

Sumber : kumparan.com

0 comments: