2 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Mudah Dibajak

Sabtu, Februari 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Dengan menerapkan cara mengamankan WhatsApp agar tidak dibajak ini, akun chat WA Anda akan lebih aman dan terjaga privasinya. (Ilustrasi Foto: Kiky Makkiah)

Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp telah menjadi aplikasi obrolan yang populer digunakan beragam kalangan. Jika Anda merasa perlu untuk mengamankan akun WhatsApp dari tangan usil pembajak, tips ini bisa membantu.
Dengan menerapkan cara mengamankan WhatsApp agar tidak dibajak ini, akun chat WA Anda akan lebih aman dan terjaga privasinya.

Terdapat dua cara untuk mengamankan akun WhatsApp tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan, yakni dengan pemindaian sidik jari pemilik ponsel dan verifikasi dua langkah.



Cara Mengamankan WhatsApp dengan Kunci Sidik Jari


Cara mengunci WhatsApp sidik jari atau fingerprint merupakan langkah privasi tambahan yang disematkan pada aplikasi tersebut. Anda dapat mengaktifkan fitur kunci sidik jari untuk membuka WhatsApp pada ponsel.

Pendaftaran sidik jari keamanan WhatsApp berbeda dengan sidik jari membuka ponsel. Anda dapat melakukan penguncian WhatsApp dengan mendaftarkan sidik jari Anda pada menu pengaturan WhatsApp.

Panduan langkah ini berlaku untuk pengguna Android dan iPhone.

1. Ketuk menu berupa titik tiga vertikal di sebelah kanan atas WhatsApp.
2. Pilih Setelan atau Setting.
3. Pilih Akun atau Account.
4. Pilih Privasi atau Privacy.
5. Pilih Kunci sidik jari atau Fingerprint lock.
6. Konfirmasikan sidik jari Anda.
7. Anda juga bisa memilih dalam berapa menit kunci akan diaktifkan. Terdapat tiga pilihan, kunci segera setelah 1 menit atau setelah 30 menit.

Meski dikunci sidik jari, Anda tetap dapat menjawab panggilan WhatsApp.


Cara Mengamankan WhatsApp dengan Verifikasi Dua Langkah

Fitur verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang memberikan keamanan tambahan pada akun Anda.

Saat fitur ini diaktifkan, Anda akan diberikan untuk mencantumkan email, agar WhatsApp dapat mengirim email berisi tautan saat Anda lupa pin ataupun seseorang berusaha mengakses akun WhatsApp Anda. Berikut tahapannya merujuk laman resmi WhatsApp.

1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Kemudian ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar.
3. Selanjutnya pilih opsi Akun.
4. Lalu pilih opsi Verifikasi Dua Langkah dan aktifkan.
5. Ketik dan masukkan alamat email Anda lalu ketuk Lanjut
6. Konfirmasikan alamat email lalu ketuk Simpan atau Selesai.
7. Jika Anda memilih tidak memasukkan email dan kemudian lupa PIN Anda, maka Anda harus menunggu selama 7 hari sebelum dapat menyetel ulang PIN tersebut.

Pastikan alamat email yang Anda ketik benar, pasalnya WhatsApp tidak melakukan verifikasi alamat email Anda. Demikian cara mengamankan WhatsApp agar tidak mudah dibajak.






Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: